Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Bekasi Optimalkan Peningkatan Nilai SAKIP dan Reformasi Birokrasi

PEMERINTAHAN   Sep 16, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.155 Kali


97IMG_20210916_011437.jpg


CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi terus berupaya mencapai peningkatan nilai pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB).

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, target peningkatan nilai khususnya pada Reformasi Birokrasi. Sedangkan untuk SAKIP masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan dan prosesnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Tapi kita tetap optimistis, meskipun memang tidak mudah, tapi tidak mustahil, kita akan mendapatkan peningkatan nilai dari evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP ini," kata Dani Ramdan usai mengikuti penilaian capaian SAKIP dan Reformasi Birokrasi secara virtual oleh KemenPAN-RB di Command Center Diskominfosantik, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat pada Rabu (15/9/2021).

Pj Bupati Bekasi mengatakan, beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penilaian SAKIP, diantaranya pembentukan budaya kerja yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

"Seperti dari sistem pengukuran kinerja yang sudah terintergrasi dengan reward dan punishment. Selain itu, hal yang belum cukup familiar adalah pelaporan gratifikasi dimana belum semua pegawai melaksanakan," terangnya.

Selanjutnya terkait benturan kepentingan, dimana setiap pegawai harus bisa menjelaskan bahwa dalam setiap kegiatannya tidak ada benturan kepentingan dengan urusan keluarga dan yang lainnya.

"Karena aparat birokrasi itu tidak bekerja di ruang hampa. Dia berinteraksi dengan lingkungan sosial, politik, ekonomi," ucapnya.

Untuk meningkatkan nilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, Pemkab Bekasi sedang merumuskan langkah-langkah, diantaranya dengan belajar dari kabupaten kota lain, dan juga kementerian dan lembaga yang sudah berhasil menerapkannya.

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Groundbreaking Masjid MGC dan Taman Religi, Dani Ramdan: Wujud Toleransi Umat Beragama
PEMERINTAHAN   Apr 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sri Enny: Kesiapan MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat Capai 70 Persen
PEMERINTAHAN   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Gelar Halal Bihalal 1445 H, Camat Bojongmangu Sosialisasi Pelaksanaan MTQ Ke 38-Tingkat Jabar
PEMERINTAHAN   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
LPTQ Kabupaten Bekasi Ajak Para Ulama, Tokoh Masyarakat Semarakkan MTQ Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tutup Pembinaan, Sekda Dedy Supriyadi Optimis Qori-Qoriah Raih Prestasi di MTQ ke-38 Tingkat Jabar
PEMERINTAHAN   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik