Rabu, 24 April 2024

Camat Tarumajaya Dukung Pelestarian Kesenian Tanjidor

PEMERINTAHAN   Sep 2, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.632 Kali


89IMG_20210902_065639.jpg


TARUMAJAYA –Camat Tarumajaya Dede Mauludin melakukan kunjungan ke salah satu grup kesenian musik tradisional asli Betawi yaitu Tanjidor Pusaka Grup, di Kampung Tikungan, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Rabu (1/9/2021). 

Pada kunjungan silaturahmi tersebut, Dede Mauludin didampingi tokoh budayawan setempat, Eyang Anjar dan berdialog langsung bersama sejumlah personil Tanjidor Pusaka Grup.

Camat Tarumajaya mengatakan, Tanjidor Pusaka Grup memiliki 10 personil dan merupakan satu-satunya kesenian lokal asli Tarumajaya yang telah memasuki generasi kelima, namun masih mampu bertahan di era modern.

"Ya, kunjungan ini sebagai bentuk perhatian khusus kepada para seniman. Tentunya kita tidak boleh lupa budaya kita sendiri yang masih ada, kalau bukan kita siapa lagi. “ kata Dede.

Dalam kunjungan silaturahmi itu, pihaknya memberikan bantuan operasional yang diterima langsung oleh Pimpinan Tanjidor Pusaka Grup, Pak Bekong. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan moril serta perhatian dalam upaya pengembangan pelestarian aset budaya yang masih ada di Kecamatan Tarumajaya.

"Saya apresiasi melihat semangat mereka, dengan kondisi yang ada saat ini, mereka mampu bertahan dan masih memiliki semangat yang kuat," tuturnya.

Camat Tarumajaya menegaskan, akan melakukan langkah pengembangan kedepan dengan memberikan fasilitas operasional rutin guna mendukung proses pelatihan hingga dapat menciptakan regenerasi baru.  

Pimpinan Tanjidor Pusaka Grup, Bekong berharap, pemerintah daerah terus memberikan dukungan dan perhatian terhadap kesenian tradisional serta pembinaan lanjutan untuk generasi mendatang. 

"Kami berharap, pembangunan di daerah tidak hanya terfokus dengan pembangunan fisik semata, melainkan dibarengi pembangunan jati diri dari aset budaya kita yang masih ada," ujarnya.

Reporter : Risky Andrianto

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Minta Perumda Tirta Bhagasasi Tingkatkan Layanan Air Bersih untuk Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Program Penari, Puskesmas Sukaindah Targetkan 100 Persen Imunisasi Balita
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pawai Ta'aruf MTQ ke-38 Jawa Barat Bakal Digelar di Central Park Meikarta
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik