Kamis, 28 Maret 2024

Uji Coba Aplikasi Bebunge untuk Antrian Sholat Jumat di Masjid Pemda Berjalan Lancar

COVID - 19   Aug 27, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.895 Kali


56IMG_20210827_144721.jpg


CIKARANG PUSAT - Uji coba antrian jamaah sholat Jumat di Masjid Nurul Hikmah Komplek Pemda Kabupaten Bekasi dengan menggunakan aplikasi Bekasi Nyambung Bae (BEBUNGE) berhasil dilaksanakan dengan tertib dan lancar, pada Jumat (27/08/21).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam mengatakan, untuk sholat Jumat pertama pada pekan ini, pihaknya masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang akan melaksanakan sholat Jumat di masjid komplek Pemkab Bekasi.

"Ya, sesuai arahan dari Pak Bupati, diberlakukannya antrian masuk masjid ini untuk menghindari terjadinya kerumunan dan jarak antar jamaah juga bisa diatur, sehingga ibadah sholat Jumat bisa berjalan sesuai protokol kesehatan," ujarnya, saat ditemui usai sholat Jumat di Masjid Nurul Hikmah.

Ia menjelaskan, meski kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi sudah menurun, namun pemerintah masih membatasi jumlah jamaah di tempat ibadah sebanyak 50 persen dari kapasitas.

"Daya tampung jamaah di Masjid Nurul Hikmah sekitar 3.000 orang, kita batasi 50 persen dari kapasitas. Jadi kalau antrian sudah mencapai 1.500 orang secara otomatis tidak bisa masuk masjid," ujarnya.

Kadis Kominfosantik menyebutkan, sosialisasi antrian masjid melalui aplikasi Bebunge akan berlanjut pada Jumat depan.

"Untuk pendampingan dari Diskominfo dilakukan pada Jumat ini dan Jumat depan. Selanjutnya Insya Allah masyarakat sudah tahu tata caranya, karena penggunaan aplikasi Bebunge ini sangat mudah," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, empat akses masuk di area Masjid Nurul Hikmah Komplek Pemkab Bekasi masing-masing dijaga oleh dua orang petugas Linmas inti dari Satpol PP Kabupaten Bekasi.

"Semua jamaah yang akan masuk ke area masjid, kami minta menunjukan nomor antrian melalui aplikasi Bebunge. Alhamdulillah sebagian bisa langsung memperlihatkan nomor antrian. Tapi untuk yang belum tahu, kita kasih tahu dan mereka langsung download di tempat," kata Kodri, petugas Linmas yang berjaga di area kiri Masjid Nurul Hikmah.

Data terakhir dari operator aplikasi Bebunge Diskominfosantik Kabupaten Bekasi mencatat, jumlah masyarakat yang mengikuti shalat Jumat di Masjid Nurul Hikmah dan mengambil antrian melalui aplikasi Bebunge, pada Jumat (27/08/21) sebanyak 870 orang

Editor : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Kemenag, PCNU dan Polres Metro Bekasi, Kolaborasi Wujudkan Program 1 Juta Vaksin
COVID - 19   Apr 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Puskesmas Babelan 1 Genjot Vaksinasi Booster Selama Ramadan
COVID - 19   Apr 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muspika Tarumajaya Sasar Penerima BLT yang Belum Mengikuti Vaksinasi
COVID - 19   Apr 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Koramil 11/Pebayuran Kawal Percepatan Vaksinasi di Bulan Ramadan
COVID - 19   Apr 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Meski Ramadan, Puskesmas Sriamur Layani Setiap Hari Vaksinasi Covid-19
COVID - 19   Apr 11, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik