Kamis, 28 Maret 2024

Pj. Bupati Bekasi Minta Disnaker Siapkan Strategi untuk Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

PEMERINTAHAN   Aug 26, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.055 Kali


95IMG_20210826_215927.jpg


CIKARANG PUSAT - Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, meminta Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bekasi membuat strategi dan terobosan baru, agar dapat menyerap lebih banyak calon tenaga kerja lokal.

Dani melihat, masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Bekasi cukup kontradiktif. Pasalnya, kesempatan kerja terbuka, namun angka pengangguran tetap tinggi, akibat para pekerja lokal kurang terserap.  

"Penanganan untuk tenaga kerja baru belum optimal. Agar tenaga kerja lokal bisa terserap, strateginya tidak harus (kerja) di pabrik. Mungkin ini juga harus buat terobosan yang lebih bervariasi. Seperti pelatihan bisnis rumah kontrakan, laundry, catering dan lainnya," kata Dani Ramdan saat memimpin rapat bersama Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bekasi, di ruang rapat Bupati Bekasi, Kamis (26/08)21).

Dani mengatakan, dibutuhkan kerjasama dalam membuat strategi untuk menangani permasalahan pengangguran. “Kerja sama dengan UMKM, BUMDes, agar cerita sulitnya bekerja di wilayah sendiri tidak berulang. Kita cari terobosan baru,” cetusnya.

Pj Bupati Bekasi juga memberikan arahan agar Disnaker Kabupaten Bekasi mendata kebutuhan pabrik yang dapat dipenuhi oleh masyarakat sekitar, sehingga masyarakat tetap punya manfaat dari aktivitas pabrik.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi, Suhup, menuturkan, sesuai arahan Pj. Bupati Bekasi, pihaknya telah menyiapkan strategi dalam menghadapi tingginya angka pengangguran lokal. 

"Jadi, di tahun 2022 kita akan melakukan terobosan-terobosan untuk mengurangi pengangguran, terutama tenaga kerja lokal,”jelasnya.

Pada rapat tersebut, Disnaker memaparkan, hingga tahun 2020, terdapat sebanyak 7.339 perusahaan di Kabupaten Bekasi, dengan 558.193 pekerja yang terdaftar. Selain itu tercatat ada 2.104 tenaga kerja asing dan 594 peserta magang. (ans/prokopim pemkab bekasi).

 

Berita Lainnya

Gelar Tarling, Camat Sukatani : Bulan Ramadan Momentum Saling Berbagi
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Peringatan Nuzullul Qur'an, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Ajak Masyarakat Tingkatkan Kualitas Ibadah
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tekan Stunting, Puskesmas Muaragembong Luncurkan Inovasi Denting Mugeri
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemerintah Kabupaten Bekasi Gelar Pangan Murah Serentak di Sembilan Desa
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lantik 350 Kepala Sekolah dan Sanggar Pendidikan, Dani Ramdan Berpesan Prioritaskan PPDB Untuk Warga Miskin
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik