Jumat, 29 Maret 2024

Patriot Desa Bantu Pahami Potensi dan Program Pemerintah Desa

PEMERINTAHAN   Jun 18, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 5.614 Kali


38IMG_20210618_221201.jpg


CIBARUSAH - Patriot Desa yang dibentuk oleh DPMD Provinsi Jawa Barat memiliki tugas dan fungsi membantu pemerintah desa untuk memahami dan menggali potensi-potensi yang ada di desa. Patriot Desa dibentuk langsung oleh Gubernur Jawa Barat sebagai pendamping untuk memajukan desa-desa di Jawa Barat.

Patriot Desa diharapkan menjadi instrumen ekonomi guna memajukan kesejahteraan masyarakat desa. Pembekalan bagi Patriot Desa dapat membantu pemerintah desa untuk membuat dan mengembangkan Bumdes serta membantu desa menuju digitalisasi desa.

"DPMD Kabupaten Bekasi turut memantau para Patriot Desa dari DMPD Provinsi, karena memang kita saling bersinergi untuk memajukan desa-desa. Kabupaten Bekasi sejauh ini ada beberapa patriot desa yang tersebar di Kabupaten Bekasi meski tidak di semua desa," ucap Ida Farida, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bekasi, Jumat (18/06/21).

Muhamad Rifan salah satu Patriot Desa yang bertugas di Desa Sindangmulya menjelaskan, bahwa tugas dari Patriot Desa adalah menggali segala aspek yang dapat menjadi potensi desa agar desa tersebut berkembang dengan pemberdayaan potensi lokal.

"DPMD Provinsi menugaskan para Patriot Desa di desa yang dinilai memiliki potensi yang dapat digali. Terkadang pemerintah desa dan masyarakat tidak sadar dengan potensi yang dimiliki desanya karena mungkin telah menjadi hal yang lumrah, oleh sebab itu tugas kami menggali potensi itu agar pemdes dan masyarakat sadar akan potensi tersebut," katanya.

Rifan juga menambahkan, Patriot Desa harus mendukung dan membantu desa menuju digitalisasi desa dengan melakukan pengarahan dan pendampingan terhadap pemerintah desa.

"Karena faktor pandemi kita belum bisa mendalami Bumdes, sehingga fokusnya lebih kepada mendukung program desa. Hal yang sudah dilakukan adalah membuat dan mengaktifkan sosial media milik Pemerintah Desa sebagai media publikasi kegiatan dan program desa," tambahnya.

Patriot Desa sendiri memiliki jangka waktu tertentu dalam tugasnya mendampingi desa, sehingga diharapkan jika nantinya sudah tidak ada lagi Patriot Desa yang mendampingi, pemerintah desa dapat tetap menjalankan apa yang sudah diterapkan saat ini.

"Satu tahun sekali kita akan berpindah-pindah dari satu desa ke desa lainnya se- Jawa Barat, sesuai dengan arahan dari DPMD Provinsi. Maka dari itu semaksimal mungkin kami harus bergerak cepat membantu pemerintah desa." ucapnya.

Reporter : Nurachman Akbar

Editor.     : Tata Jaelani

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Serahkan LKPD TA 2023 Unaudited ke BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Mar 29, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sertijab Camat Cabangbungin, Mirtono Suherianto Resmi Gantikan Asep Buchori
PEMERINTAHAN   Mar 29, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Gelar Tarling, Camat Sukatani : Bulan Ramadan Momentum Saling Berbagi
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Peringatan Nuzullul Qur'an, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Ajak Masyarakat Tingkatkan Kualitas Ibadah
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tekan Stunting, Puskesmas Muaragembong Luncurkan Inovasi Denting Mugeri
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik