Jumat, 29 Maret 2024

Ratusan Pemulung di TPA Burangkeng Jalani Tes Swab Antigen

COVID - 19   May 28, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.164 Kali


66IMG_20210528_233627.jpg


SETU - Ratusan pemulung di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi menjalani test swab antigen untuk mencegah adanya kluster baru virus Covid-19, pada Jumat (28/05/21).

Para pemulung tersebut diketahui baru saja mudik dari berbagai tempat seperti Cirebon dan Indramayu.

Kapolsek Setu AKP Mukmin mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan pemerintah daerah bersama TNI dan Polri untuk mendeteksi adanya pemulung yang terpapar virus Covid-19 setelah mereka pulang kampung pada lebaran yang lalu.

"Unsur tiga pilar Kecamatan Setu, melakukan tes swab antigen gratis kepada ratusan pemulung yang berada di TPA Burangkeng, ini kita lakukan guna mengantisipasi cluster baru Covid-19," ujarnya.

Dengan mendirikan posko tes swab di lokasi tempat pembuangan sampah akhir, petugas dengan menggunakan swabber mobile, satu persatu mengajak para pemulung untuk menjalani tes usap antigen.

Ratusan pemulung awalnya terkejut dengan kedatangan petugas kepolisian dan sempat menolak. Namun akhirnya bersedia dilakukan tes swab antigen, setelah petugas memberikan pengertian kepada mereka.

"Selain pemulung, kami dari unsur tiga pilar juga melakukan hal serupa kepada para sopir truk sampah, di mana para sopir diketahui mobilitasnya cukup tinggi, karena sering berada di beberapa tempat sebelum membuang sampah di TPA Burangkeng," kata AKP Mukmin.

Camat Setu Joko Dwi Jatmoko mengatakan, pemulung dan sopir truk yang menjalani tes usap antigen di lokasi itu, tidak ada yang terindikasi tertular Covid-19.

"Pemetintah kecamatan akan berkoordinasi dengan pengelola TPA Burangkeng untuk memantau pemulung yang baru pulang mudik," kata Joko.

Pihaknya berharap, kegiatan tes swab antigen di TPA Burangkeng dapat meminimalisir dan memutus mata rantai penularan Covid-19, khususnya di wilayah Setu.

Reporter : Soni Suganda

Editor.     : Yus Ismail

 

 

 

Berita Lainnya

Kemenag, PCNU dan Polres Metro Bekasi, Kolaborasi Wujudkan Program 1 Juta Vaksin
COVID - 19   Apr 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Puskesmas Babelan 1 Genjot Vaksinasi Booster Selama Ramadan
COVID - 19   Apr 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muspika Tarumajaya Sasar Penerima BLT yang Belum Mengikuti Vaksinasi
COVID - 19   Apr 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Koramil 11/Pebayuran Kawal Percepatan Vaksinasi di Bulan Ramadan
COVID - 19   Apr 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Meski Ramadan, Puskesmas Sriamur Layani Setiap Hari Vaksinasi Covid-19
COVID - 19   Apr 11, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik