Kecamatan Kedung Waringin Programkan Pembangunan MCK

Kecamatan Kedung Waringin Programkan Pembangunan MCK


bekasikab.go.id
Camat Kedungwaringin, Asan Asari

KEDUNG WARINGIN – Tempat mandi cuci kakus (MCK) yang berada di bantaran Sungai Citarum, Cibeet, Kecamatan Kedung Waringin, masih bertebaran. 

Dalam waktu dekat, WC dibantaran sungai tersebut akan dibongkar, setelah didirikannya WC komunal bagi warga sekitar.

Camat Kedung Waringin, Asan Asari mengatakan, sebagian warga di sekitar bantaran kali tersebut mengandalkan bantaran sungai sebagai WC. Sehingga mereka memanfaatkan MCK di bantaran untuk kebutuhan sehari-hari.

"Arah kesehatan kita selain pandemic,  juga pada lingkungan, dalam membiasakan hidup sehat. Kita sudah agendakan pembuatan WC di jalur bantaran sungai," ujarnya, Rabu (28/04/21).

Pembangunan MCK, kata dia, sudah direncanakan sebanyak 50 titik di tiga desa yang di lewati saluran air, yakni Desa Kedungwaringin, Desa Karangsambung, dan Desa Bojongsari. 

"Nantinya WC akan dipindah ke halaman rumah warga, dan tidak berada di bantaran Sungai. Ini menjadi program Kecamatan 2021, berkerjasama dengan berbagai stakeholder," jelasnya. 

Sampai saat ini, warga di Desa Kedung Waringin- misalnya, bangunan MCK tersebut masih sangat dibutuhkan warga, khususnya bagi warga yang tidak memiliki fasilitas MCK di rumahnya.

Selain itu, warga sekitar juga ada yang kesulitan air dan terpaksa memanfaatkan air yang ada di MCK.

"Kebanyakan warga sudah punya sumur.  Jadi airnya mudah dan bersih. Tinggal WC permanen," jelasnya.

Selebihnya, ada empat desa lainnya yang tidak dilewati bantaran sungai . Namun, dalam pemerataan kebersihan, pihak Kecamatan Kedung Waringin menginstruksikan agar pembuatan WC dilakukan. 

"Kita akan dorong dari anggaran desa yang ada di tiap desa. Jadikan, empat desa ini yang gak dilalui sungai, namun ada beberapa empang yang memang di gunakan warga, jadi istilahnya cukup dari rumah saja," tukasnya.

Reporter : Dani Moses
Editor      : Yus Ismail

Tag:    pemerintahan  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top