Asda 1 : Kabupaten Bekasi Punya Potensi Besar Tingkatkan Pendapatan Daerah
Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2021

Asda 1 : Kabupaten Bekasi Punya Potensi Besar Tingkatkan Pendapatan Daerah


bekasikab.go.id
Foto : Risky Andrianto/Newsroom

CIKARANG PUSAT – Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda 1) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 secara virtual di Command Center Gedung Diskominfosantik, Komplek Pemkab Bekasi, Senin (26/04/2021).

Acara yang diikuti seluruh kepala daerah baik provinsi, kabupaten/kota, dan Forkopimda tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Maruf Amin dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Asda 1 Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, usai mengikuti acara mengatakan, sesuai arahan Wakil Presiden dan Mendagri, akan dibuat formula bagaimana sistem pemerintahan di Indonesia ke depan supaya lebih baik lagi. 

"Beberapa penekanan dalam otonomi daerah, yakni harus ada kesinambungan dan sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Diantaranya dengan diberlakukannya UU Cipta Kerja. Pemerintah daerah harus membantu pemerintah pusat agar tidak ada lagi konflik di lapangan," kata Yana.

Selain itu, kata Yana, Mendagri Tito Karnavian juga meminta agar pemerintah daerah membuat inovasi-inovasi. Salah satunya adalah pendapatan daerah harus ditingkatkan. 

"Jangan ketergantungan kepada transfer keuangan kepada daerah atau desa. Yang diharapkan adalah kemandirian, agar daerah mampu menggali potensi PAD di daerah masing-masing," ujarnya.

Ia menyebutkan, Pemkab Bekasi saat terus melakukan evaluasi-evaluasi agar peningkatan PAD ke depan dapat terus meningkat.

"Di beberapa dinas kita sedang lakukan evaluasi, pengkajian terhadap peraturan-peraturan yang harus disesuaikan dengan kondisi saat ini," kata dia.

Yana menegaskan, banyaknya kawasan industri di Kabupaten Bekasi merupakan potensi besar dalam menggali dan meningkatkan pendapatan daerah ke depan.

Reporter : Ike
Editor      : Yus Ismail

Tag:    pemerintahan  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top