Desa Sindangmulya Optimalkan Pendataan Penduduk Berbasis Teknologi

Desa Sindangmulya Optimalkan Pendataan Penduduk Berbasis Teknologi


bekasikab.go.id

CIBARUSAH - Pemerintah Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah, melakukan sosialisasi sekaligus pembekalan bagi petugas pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa yang terdiri dari seluruh RT/RW di wilayah masing-masing.

Kegiatan ini diharapkan dapat memaksimalkan pendataan penduduk berbasis teknologi di Desa Sindangmulya.

Kepala Desa Sindangmulya, Selpia Indriyani mengatakan, bahwa program Sustainable Development Goals (SDGs) ini membantu para kepala pemerintahan di wilayah untuk mendapatkan data terupdate dari warganya yang kemudian menjadi data penduduk desa.

"Jadi untuk program ini lebih memanfaatkan peran digital teknologi. Para RT/RW dan beberapa relawan sudah disosialisasikan dan diajarkan bagaimana cara mengunduh data mereka melalui aplikasi Pendataan SDGs Desa," jelasnya, pada Minggu (25/04/21).

Selanjutnya, Selpia juga menambahkan, RT/RW dan relawan tersebut akan mengemban tugas sebagai kelompok kerja (Pokja) untuk melakukan pendataan warga di wilayahnya masing-masing.

"RT/RW dan relawan ini nantinya akan di berikan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa untuk melakukan tugas pendataan warganya," kata dia.

Selpia mengatakan, pemerintah desa sangat mendukung penuh program SDGs ini dengan harapan agar pendataan penduduk di Desa Sindangmulya berjalan dengan baik.

"Harapannya agar pendataan ini sesuai dengan apa yang ada di lapangan. Semoga dengan program ini Desa Sindangmulya menjadi desa yang maju dan mandiri," tutupnya.

SDGs Desa sendiri merupakan program dari Kementerian Desa sebagai role model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Reporter : Nurachman Akbar
Editor       : Yus Ismail

Tag:      |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top