Kecamatan Setu Deklarasikan Open Defecation Free (ODF)

Kecamatan Setu Deklarasikan Open Defecation Free (ODF)


bekasikab.go.id

SETU - Pemerintah Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi mendeklarasikan seluruh desa yang berada di wilayahnya, bebas dari perilaku buang air besar di sembarang tempat atau Open Defecation Free (ODF). Deklarasi ini dalam rangka  mensukseskan program Kota Kabupaten Sehat (KKS) tingkat Provinsi Jawa Barat. 

Sekretaris Camat Setu, Ali Amran menjelaskan, bahwa pendeklarasian program tersebut diikuti seluruh desa di wilayah Kecamatan Setu guna mencapai upaya sanitasi total.

"Kecamatan Setu mendeklarasikan seluruh desa sudah bebas dari perilaku masyarakat yang buang air besar sembarangan atau ODF dan mendokumentasikannya," jelasnya, pada Rabu (21/04/21) di Aula Kecamatan Setu.

Amran juga menambahkan, bahwa perilaku membuang tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Karenanya program ini sangat penting bagi kesehatan masyarakat pada umumnya.

"Pihak Puskesmas Kecamatan Setu juga telah menyatakan bahwa penggunaan sanitasi jamban sehat sudah seratus persen di wilayah Kecamatan Setu," ungkapnya.

Program Desa Open Defecation Free (ODF) ini adalah bagian dari penilaian program Kota Kabupaten Sehat (KKS) tingkat provinsi Jawa Barat dimana Kecamatan Setu menjadi salah satu loksus penilaian. 

Kegiatan deklarasi tersebut juga diikuti oleh Muspika Kecamatan Setu dan unsur terkait lainnya, serta 11 desa yang mengikuti acara  melalui zoom meeting secara virtual.

Reporter : Nurachman Akbar
Editor      : Yus Ismail

Tag:    pemerintahan  |  pemerintahan  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top