Sambut Ramadhan, Terminal Cikarang Perketat Prokes

Sambut Ramadhan, Terminal Cikarang Perketat Prokes


TerasKreasi.com
DIPERIKSA : Penumpang Terminal Kalijaya, secara berurutan di periksa kesehatan sebelum naik kendaraan yang berada di Terminal Cikarang. Foto : Rizky Andrianto (Newsroom).

CIKARANG BARAT - Menyambut Ramadhan, Terminal Kalijaya, Kabupaten Bekasi, mulai melakukan sejumlah persiapan, salah satunya dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. 

Kepala Terminal Kalijaya, Dayan menyatakan penerapan prokes akan dilakukan mulai hari ini, Jumat (12/3/2021) hingga Minggu (4/4/2021). Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi dan Satlantas Polres Metro Bekasi akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang yang akan naik.

“Untuk menjamin kesehatan, sebelum keberangkatan bus tiap penumpang akan dilakukan pemeriksanaan oleh dinas kesehatan,” ujarnya. 

Penerapan protokol kesehatan, lanjutnya, juga akan diterapkan secara ketat melalui 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19.

“Sementara ini masih fokus pada kesehatan. Setelah Ramadhan nanti, ada program lainnya mencakup pada pemeriksaan kendaraan,” jelasnya. 

Di lain tempat, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Supriadinata menyampaikan, Terminal Tangguh Jaya, merupakan upaya untuk menerapkan prokes dengan ketat.
 
“Menjelang bulan puasa dan lebaran, Polres Metro Bekasi Kabupaten melakukan pengaturan penumpang naik dan turun di buat SOP (Standar Operasiaonal Prosedur) prokes,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, dari mulai saat ini penumpang dan awak bus di screening jika ada yang suhu tubuh 38 derajat celsius akan langsung dilakukan swab antigen.

“Jika ditemukan ada yang positif akan langsung di isolasi di tempat. Lalu kordinasi dengan gugus tugas untuk isolasi di Bapelkes. Sementara, jika yang ditemukan Positif merupakan warga dari luar daerah akan di pulangkan,” tukasnya.

Reporter : Dani Moses
Editor      : Yus Ismail

Tag:    covid19  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top