Jumat, 19 April 2024

Pemkab Bekasi Segera Sahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2021

PEMERINTAHAN   Feb 19, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.711 Kali


882424971022-1.jpg


CIKARANG PUSAT -  Pemerintah Kabupaten Bekasi segera mengesahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2021 menyusul dokumen yang disusun masing-masing perangkat daerah sudah memasuki tahap finalisasi.

"Sudah konsultasi ke provinsi dan Kemendagri. Kita lakukan akselerasi penyusunan dokumen, saya sudah meminta dinas agar pekan ini selesai," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju, Kamis (18/02/21).

Uju mengatakan keterlambatan pengesahan DPA tahun ini disebabkan adanya perubahan teknis penyusunan dari tahun-tahun sebelumnya sehingga diperlukan adaptasi terkait tata cara penyusunan.

Mulai tahun ini, katanya,  penyusunan dokumen pelaksanaan anggaran berdasarkan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang terintegrasi langsung ke pusat data Kementerian Dalam Negeri.

Sementara pada tahun-tahun sebelumnya menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah atau Simda yang dikelola sendiri oleh pemerintah daerah.

"Sepertinya semua daerah hampir memiliki masalah sama. Ya secepatnya kita sahkan, sekarang kan sudah hampir selesai penyusunannya di tiap perangkat daerah," katanya.

Menurut dia secara teknis tidak ada kendala saat membuat dokumen tersebut hanya saja dibutuhkan penyesuaian dalam menyusunnya.

"Aplikasi itu kan dibuat untuk mempermudah tapi memang butuh penyesuaian saja karena aplikasi baru. Ini utamanya agar tetap transparan dan terjaga akuntabilitasnya," ucapnya.

Uju mengatakan dalam aplikasi baru itu, terdapat beberapa komposisi yang merubah struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Seperti misalnya komposisi belanja yang tadinya masuk belanja langsung sekarang masuk katagori belanja tidak langsung. Tapi ini bukanlah sebuah kendala melainkan faktor teknis saja. Karenanya kita juga sudah mempersiapkan SDM jauh-jauh hari agar aplikasi baru ini dapat dengan mudah dipahami," kata dia.

Uju berharap akselerasi penyusunan DPA tahun ini akan berdampak pada percepatan pelaksanaan pembangunan daerah di masa pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19. (Antara)

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi : Halal Bihalal Tradisi Khas Indonesia yang Harus Dipertahankan
PEMERINTAHAN   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cabangbungin Siapkan Skema untuk Ramaikan MTQ ke-38 Tingkat Jabar
PEMERINTAHAN   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Sukatani Ajak Masyarakat Ramaikan MTQ ke-38 tingkat Jabar di Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
LPTQ Siapkan 70 Peserta Perkuat Kafilah Kabupaten Bekasi pada MTQ ke-38 Tingkat Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Gelar Halal Bihalal Bersama Tokoh Masyarakat di Cikarang Pusat
PEMERINTAHAN   Apr 17, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik