Kamis, 28 Maret 2024

Pemkab Bekasi Alokasikan Anggaran Rp29 Miliar untuk Desa Burangkeng

PEMERINTAHAN   Feb 2, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.354 Kali


620210201_159.jpg


SETU - Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Burangkeng di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi Dedy Supriadi mengatakan, pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana penunjang menjadi fokus pemerintah daerah guna kelancaran distribusi sampah menuju lokasi TPAS Burangkeng.

"Seperti peningkatan serta pelebaran ruas Jalan Setu yang juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor dengan nilai pekerjaan mencapai Rp9,9 miliar oleh Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi," kata Dedy, Senin (01/02/21).

Ia menyebutkan, jalur tersebut menjadi salah satu rute truk-truk sampah yang menuju ke TPAS Burangkeng yang dilebarkan dan tingkatkan kembali untuk kelancaran distribusi sampah.

"Pemerintah daerah tahun ini mengalokasikan anggaran Rp2 miliar untuk pengadaan tanah perluasan area TPAS Burangkeng," kata dia.

Selain jalan dan pengadaan tanah, pihaknya juga fokus melakukan pembangunan infrastruktur di bidang pendidikan guna mencukupi sarana pendidikan di wilayah tersebut.

"Seperti diketahui bersama di wilayah ini ada sekolah dasar yang tepat berada di jalur pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Jakarta-Cikampek Sisi Selatan, akan kami relokasi dan bangunkan sekolah yang baru," katanya.

Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) itu, kata dia, direncanakan pada awal tahun ini di SDN 05 Burangkeng dengan pagu anggaran sebesar Rp6 miliar oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi.

Dinas terkait juga berencana melakukan perbaikan total di SDN 01 Burangkeng dengan alokasi anggaran sebesar Rp2,3 miliar.

"Infrastruktur dan sarana penunjang lain di Desa Burangkeng juga masuk prioritas pembangunan daerah tahun ini. Semua bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi 2021," kata Dedy.

Camat Setu Joko Dwijatmoko mengatakan Desa Burangkeng menyerap hampir 50 persen dari total anggaran pembangunan wilayahnya tahun ini.

"Di Kecamatan Setu, Pemkab Bekasi menggelontorkan anggaran sebesar Rp59 miliar untuk pembangunan di total 11 desa. Dan Desa Burangkeng sendiri mendapatkan alokasi Rp29 miliar. Jadi ini memang perhatian khusus Pak Bupati karena desa ini memiliki TPAS," kata dia. (Antara)

Editor : Yus Ismail

Berita Lainnya

Gelar Tarling, Camat Sukatani : Bulan Ramadan Momentum Saling Berbagi
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Peringatan Nuzullul Qur'an, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Ajak Masyarakat Tingkatkan Kualitas Ibadah
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tekan Stunting, Puskesmas Muaragembong Luncurkan Inovasi Denting Mugeri
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemerintah Kabupaten Bekasi Gelar Pangan Murah Serentak di Sembilan Desa
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Lantik 350 Kepala Sekolah dan Sanggar Pendidikan, Dani Ramdan Berpesan Prioritaskan PPDB Untuk Warga Miskin
PEMERINTAHAN   Mar 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik