Menkes dan Ridwan Kamil Besok Resmikan Program Puspa di Puskesmas Cikarang

Menkes dan Ridwan Kamil Besok Resmikan Program Puspa di Puskesmas Cikarang


TerasKreasi.com

CIKARANG UTARA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan akan meresmikan program PUSPA (Puskesmas Terpadu dan Juara) di Puskesmas Cikarang, Jl. KH Dewantara Desa Karangasih Pilar Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi,  pada Senin (01/02/21). 

Juru Bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah mengatakan, selain dihadiri Gubernur Ridwan Kamil, acara tersebut juga akan dihadiri Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

"Ya benar, peresmian besok dihadiri Menkes dan gubernur," kata Alamsyah, Minggu (31/01/21).

Alamsyah menyebutkan, dipilihnya Puskesmas Cikarang untuk peresmian program Puspa karena dinilai sesuai kriteria puskesmas akreditasi dan telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

"Dipilihnya Puskesmas Cikarang itu  pilihan Menkes dan Gubernur karena Puskesmas Cikarang sesuai kriteria puskesmas akreditasi," ujarnya.

Program Puskesmas Terpadu dan Juara (Puspa) digagas oleh Pemprov Jabar sebagai upaya memperkuat peran Puskesmas dalam penanganan Covid-19.

"Kami meyakini penguatan peran Puskesmas, bisa mengurangi beban rumah sakit dan menekan angka Covid-19 dan berdampingan dengan vaksinasi yang terus diupayakan," kata Kang Emil saat konferensi video dengan dua belas Kepala Daerah di Jabar terkait Program Penguatan Puskesmas di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (26/1/2021). 

Program PUSPA bertujuan untuk memperkuat upaya deteksi, lacak kasus, edukasi publik terkait 3M, menyiapkan vaksinasi Covid-19 hingga memastikan pemenuhan layanan kesehatan esensial di 100 puskesmas di 12 kabupaten/kota di Jawa Barat, termasuk Kabupaten Bekasi.

Pemprov Jabar akan merekrut 500 tenaga kesehatan untuk memperkuat program tersebut. Dimana 300 orang tenaga baru terbuka untuk publik, dan 200 penguatan tenaga eksisting di Puskesmas yang ditunjuk sebagai field officer.

Menurut Kang Emil, program tersebut merupakan tindak lanjut atas rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memperkuat sistem dan SDM di Puskesmas. 

“Saya berharap komitmen dari seluruh kepala daerah dan keseriusan dalam bekerja sama. Juga dukungan untuk menekan angka Covid-19 agar turun drastis di 2021,” ujarnya.

Editor    : Yus Ismail

Tag:    covid19  |  pemerintahan  |  pemerintahan  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top