Vaksin dan Harapan Berakhirnya Pandemi Covid-19
Wawancara Eksklusif dr Alamsyah

Vaksin dan Harapan Berakhirnya Pandemi Covid-19


TerasKreasi.com
Juru Bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Dokter Alamsyah.

CIKARANG PUSAT - Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja telah mencanangkan dimulainya vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi, di Puskesmas Cikarang Utara, pada Kamis (27/01/21).

Sebanyak 12.000 vaksin telah didistribusikan untuk vaksinasi tahap pertama bagi 10.234 tenaga kesehatan di seluruh Kabupaten Bekasi yang selama ini menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Lantas kapan masyarakat umum mendapat giliran divaksin Covid-19? Benarkah setelah vaksinasi selesai angka kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi akan menurun? 

Berikut ini wawancara eksklusif Reporter Bekasikab.go.id bersama Juru Bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Dokter Alamsyah.

"Dok, setelah vaksin untuk tenaga kesehatan, kapan akan dilakukan  vaksinasi untuk masyarakat umum di Kabupaten Bekasi?"

Pemerintah pusat menargetkan sampai Maret 2021 dapat memvaksin 180 juta masyarakat Indonesia. Kita harapannya vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Bekasi selesai juga sampai Maret 2021.

"Kapan jatah vaksin untuk masyarakat tiba di Kabupaten Bekasi?"

Alokasi vaksin untuk Kabupaten Bekasi yang kita usulkan sekitar 2,2 juta vaksin. Tapi terkait kapan dan berapa kali pengiriman, bukan kita yang  menentukan, tapi dari Kemenkes. Karena terkait dengan stok vaksin yang ada disana. Kan vaksin ada yang import ada juga yang diproduksi sendiri.

"Dok, kalau vaksinasi untuk masyarakat sudah selesai, apakah  angka kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi akan turun?"

Vaksin bukan jaminan 100 persen bahwa kasus akan menurun. Tapi disiplin dalam protokol kesehatan yang menjadi penentunya. Namun dalam teori vaksinasi, apabila 70-80 persen masyarakat sudah divaksin, maka sudah memenuhi syarat terbentuk herd imunity (kekebalan kelompok). Kalau ada 100 orang, kemudian 70-80 orang dapat imunisasi, maka teorinya sudah  terbentuk herd imunity. 

"Terbentuknya imunitas seseorang  setelah divaksin itu berapa hari?"

Imunitas akan terbentuk setelah 8 hari sampai 28 hari setelah diberikan dosis vaksin kedua. Dan yang harus diingat, setelah kita divaksin, prokes kita tidak boleh longgar. Salah kalau merasa sudah divaksin kemudian buka masker dan bebas jalan kemana-mana.

"Terkait keamanan dan keampuhan vaksin itu sendiri seperti apa?"

Vaksin itu mengenal dua istilah,  ada efikasi (kemanjuran) dan safety (keamanan). Semua jenis vaksin yang ada di pasaran pasti aman karena telah melewati uji klinis. Kalau vaksin sinovac ini kan teorinya tingkat efikasinya 65 persen. Kenapa diberikan 2 dosis? Supaya tingkat keampuhannya  minimal 90 persen. 

"Misalkan vaksin yang dikirim untuk Kabupaten Bekasi tidak habis. Apakah vaksin itu bisa digunakan untuk jangka lama?"

Vaksin Sinovac yang kemarin kita terima itu expire date nya 2023.

Editor : Tata Jaelani/Yus Ismail

Tag:    covid19  |  pemerintahan  |  pemerintahan  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top