Kamis, 25 April 2024

Basmi Hama Wereng, Dinas Pertanian Terbangkan Drone

EKONOMI   Jan 18, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.334 Kali


92IMG-20210118-WA0081-1-1.jpg


CIKARANG PUSAT - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi memanfaatkan teknologi drone untuk menyemprot hama wereng coklat yang menyerang ratusan hektar tanaman padi di Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Embang Lesmanasari mengatakan, penyemprotan hama  melalui udara dengan menggunakan drone dinilai cukup efektif karena dapat menjangkau area pesawahan yang cukup luas.

"Setelah kami menerima laporan adanya hama wereng di Cibarusah dan Bojongmangu, hari berikutnya kami bersama tim Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) langsung melakukan penyemprotan di dua kecamatan itu dengan  menggunakan drone," kata Eem saat ditemui di kantornya, Senin (18/01/21).

Ia menyebutkan, dengan menggunakan drone, penyemprotan hama yang kalau dikerjakan tenaga manusia memerlukan waktu berhari-hari dapat diselesaikan dalam hitungan jam.

"Selain memakai drone, para petani juga melakukan penyemprotan secara manual agar pembasmian hama lebih maksimal," ujarnya.

Eem menjelaskan, luas tanaman padi yang diserang hama wereng batang coklat (WBC) di Cibarusah sekitar 241 hektar, sementara di Bojongmangu sebanyak 162 hektar.

"Kami berharap dengan adanya penyemprotan ini, hama wereng coklat tidak meluas ke daerah lain. Kita tidak diam, kita terus melakukan upaya bersama para petani untuk membasmi hama wereng ini," kata dia.

Menurutnya, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi sejauh ini terus melakukan pemantauan dan laporan terakhir menyebutkan populasi hama wereng di dua wilayah tersebut mulai menurun.

Reporter : Soni/Akbar
Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Kopi Manis, Bantu UMKM Kecamatan Sukawangi Tingkatkan Wawasan Bisnis
EKONOMI   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Siapkan BUMDes Terbaik, Ikut Pilot Project Permodalan Khusus Bank BJB
EKONOMI   Apr 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dampingi Mendag Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tambun
EKONOMI   Mar 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Imbau Masyarakat Bijak Berbelanja di Bulan Ramadan
EKONOMI   Mar 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Ramadan, Pengunjung Pasar Sukabungah Meningkat
EKONOMI   Mar 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik