Jumat, 29 Maret 2024

Ini Harapan Mereka Seputar Pengembangan Wisata Pantai Muara Bungin

EKONOMI   Jan 4, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.527 Kali


50IMG-20210103-WA0037-1-1.jpg


MUARAGEMBONG - Angin laut berhembus menerpa rimbunan pohon mangrove di pesisir Pantai Muara Bungin. Sekumpulan anak-anak tampak riang bermain pasir sambil menghadang riak-riak ombak yang susul-menyusul menyapu bibir pantai. Tampak juga muda-mudi yang bermain ayunan. Sementara yang lain terlihat duduk santai di bale bambu sambil memandangi laut lepas. 

Seperti itulah suasana akhir pekan  di Pantai Muara Bungin Desa Pantai Bakti Kecamatan Muaragembong, yang rencananya akan mulai ditata dan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi pada tahun 2021 ini.

Ketua Pokdarwis Bungin Bakti Jaya Desa Pantai Bakti, Dedi Wiyanto mengatakan pihaknya menyambut baik rencana pengembangan Pantai Muara Bungin yang akan dijadikan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bekasi.

"Ya mudah-mudahan penataan Pantai Muara Bungin ini cepat terealisasi. Supaya warga Kabupaten Bekasi kalau mau wisata ke pantai tidak harus ke daerah lain, tapi cukup di daerah sendiri," ujarnya, saat ditemui di Pantai Muara Bungin, Minggu (03/01/21).

Dedi meyakini Pantai Muara Bungin bisa menjadi destinasi wisata yang memiliki daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah.

"Selain pemandangannya yang bagus, Pantai Muara Bungin punya hamparan pasir yang luas dan garis pantai yang panjang. Apalagi kalau datangnya sore hari ketika air surut," ujarnya.

Menurut Dedi, Pantai Muara Bungin memiliki panjang sekitar 7 kilometer, tapi sejauh ini yang baru dikembangkan menjadi area wisata baru sekitar 1 kilometer.

"Tapi kami bersyukur karena dengan  penataan seadanya sudah banyak pengunjung yang datang, dan banyak warga yang bisa berjualan di sini. Ada sekitar 20 pedagang yang aktif berjualan," ujarnya.

Ia berharap dengan dibangunnya Pantai Muara Bungin akan lebih banyak lagi masyarakat Desa Pantai Bakti yang secara ekonomi bisa diberdayakan.

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Kelompok Usaha Perikanan Tangkap (KKUPT) Kabupaten Bekasi, Nasim Mustafawana mengatakan, dengan dibangunnya Pantai Muara Bungin diharapkan perekonomian warga dapat meningkat, termasuk untuk para nelayan yang ada di Desa Pantai Bakti.

"Di Pantai Bakti ini ada sekitar  139 kapal dengan jumlah nelayan 429 orang. Mudah-mudahan dengan banyaknya wisatawan ke Pantai Muara Bakti, para nelayan juga bisa memasarkan langsung hasil tangkapannya, termasuk olahan kuliner dari ikan laut," kata dia.

Nasim juga berharap pembangunan infrastruktur jalan menuju Pantai Bungin bisa terus dibenahi supaya tidak menjadi kendala bagi wisatawan yang datang.

Terpisah, pegiat masyarakat pesisir Kabupaten Bekasi, Nur Akbar mengatakan, pengelolaan wisata Pantai Muara Bungin diharapkan melibatkan warga lokal agar kesejahteraan mereka ikut terangkat.

"Adanya mereka di pesisir Muarabungin memberi kontribusi besar untuk Pemda Kabupaten Bekasi. Selain mereka membayar pajak tanahnya, mereka penyumbang hasil laut terbesar untuk Jakarta dan Bekasi," ujarnya.

Akbar menuturkan, penataan daerah pemukiman sangat diutamakan sebelum dimulainya  pembangunan destinasi wisata.

"Pemerintah daerah harus berperan serta untuk kemajuan tata kelola yang rapi saat wisata pantai jadi. Intinya penduduk di sana harus ada andilnya buat kemajuan pariwisata Pantai Muarabungin nanti," kata Akbar.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membangun dua proyek senilai Rp 60 miliar dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemprov Jawa Barat tahun 2021 yang bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Proyek tersebut yakni pengembangan kawasan wisata Pantai Muara Bungin Muaragembong dan pembangunan Jembatan Bojongmangu-Karawang.

Editor : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi Dampingi Mendag Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tambun
EKONOMI   Mar 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Imbau Masyarakat Bijak Berbelanja di Bulan Ramadan
EKONOMI   Mar 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Ramadan, Pengunjung Pasar Sukabungah Meningkat
EKONOMI   Mar 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tiga Kecamatan di Kabupaten Bekasi Masuki Musim Panen
EKONOMI   Feb 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Optimis Cikarang Trade Center Dapat Memperluas Pemasaran UMKM
EKONOMI   Jan 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik