Dinas Pertanian Tanam Serempak Kacang Tanah di Bojongmangu

Dinas Pertanian Tanam Serempak Kacang Tanah di Bojongmangu


TerasKreasi.com

BOJONGMANGU - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi melaksanakan kegiatan tanam serempak kacang tanah bersama Kelompok Tani Mekar Mulya, Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Senin (23/11/20).

Kasi Produksi Tanaman Pangan Dalam pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dodo mengatakan, kegiatan tanam serempak bertujuan untuk mendukung peningkatan produksi sekaligus menambah luas areal tanaman kacang tanah di Kabupaten Bekasi.

"Kita sengaja hari ini mengadakan kegiatan serempak tanam kacang tanah
dan memberikan bibit kacang tanah sebanyak 3600 kg untuk luas area 10 hektar," ujarnya.

Dodo menuturkan, kondisi geografis wilayah Bojongmangu sebagian besar wilayah tadah hujan sehingga untuk tanaman padi hanya bisa ditanam pada musim hujan.

"Maka dari itu, sambil menunggu musim penghujan kita mengupayakan agar kegiatan budidaya terus berjalan, salah satunya dengan pengembangan budidaya palawija," kata dia.

Menurut Dodo, budidaya kacang tanah sejalan dengan program pemerintahan pusat dan juga kementerian yang sekarang berupaya untuk meningkatkan luas areal untuk penanaman kacang tanah yang anggarannya dari APBD.

"Kami berharap, dapat membantu petani untuk meningkatkan pendapatan sekaligus ada aktivitas budidaya sambil menunggu tanam padi berikutnya," kata dia.

"Untuk wilayah Bojongmangu, luas area tanaman kacang tanah sekitar 6 hektar dan untuk tahun 2021 nanti kami akan ajukan 100 hektar untuk wilayah Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Sejauh ini Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi akan fokus di wilayah Bojongmangu sebagai pilot project pengembangannya budidaya tanam kacang tanah.

"Kalau ini berhasil, kita akan kembangkan ke wilayah yang lain," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kelompok Tani Mekar Mulya, Kadim, menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang telah membantu kelompok tani yang ada di Bojongmangu.

"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini bisa meningkatkan  perekonomian petani yang ada di Bojongmangu," ujarnya.

Reporter : Tedi
Editor      : Yus Ismail

Tag:    pemerintahan  |  pemerintahan  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top