Jumat, 29 Maret 2024

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Panen Udang Vaname di Muaragembong

EKONOMI   Nov 17, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.501 Kali


88Mugem2.jpg


MUARAGEMBONG - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melakukan panen parsial udang vaname di tambak Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Mina Mekar Sejahtera, Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Selasa (17/11/20). Kunjungan Menteri Edhy Prabowo ke Muaragembong didampingi oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi, Agus Trihono mengatakan, panen parsial udang vaname tersebut menggunakan sistem teknologi baru yang akan dikembangkan lebih jauh pada kelompok petani tambak lain di Kabupaten Bekasi.

“Arahan dari Pak menteri tadi, intinya lahan-lahan tambak di Muaragembong sudah tidak ada masalah lagi, karena Perhutani sudah menyetujui penggunaannya. Yang penting mangrove-nya tetap diperhatikan dan biota lautnya juga dibiarkan hidup,” ujarnya.

Agus Trihono berharap ke depan akan banyak klaster-klaster tambak di Muaragembong yang menggunakan sistem teknologi baru.

“Tambak-tambak tersebut nantinya akan dinaungi oleh sebuah koperasi, dimana koperasi itu bisa meng-handle penjualan dan pengadaan benih. Itu tentunya yang menjadi harapan kita, walaupun tentu memerlukan perjalanan yang cukup panjang,” kata Agus.

Pihaknya menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perikanan dan Kelautan, akan tetap membina para petani tambak di Muaragembong agar dapat maju dan terus  berkembang dengan baik.

“Dari dinas tetap membina, memantau dan membantu, sehingga kelompok-kelompok ini akan terus berkembang dengan baik,” ucapnya.

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan udang varietas unggulan yang mampu meningkatkan produksi, pendapatan dan kesejahteraan petani ikan. Jenis udang ini memiliki kontribusi volume ekspor mencapai 85 persen.

Udang vaname memiliki karakteristik spesifik, seperti mampu hidup pada kisaran salinitas (tingkat keasinan) yang luas, mampu beradaptasi dengan lingkungan bersuhu rendah, memiliki tingkat keberlangsungan hidup yang tinggi, dan memiliki ketahanan yang baik terhadap penyakit sehingga cocok untuk dibudidayakan di tambak.

Reporter : Tedi

Editor     : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pj Bupati Bekasi Dampingi Mendag Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tambun
EKONOMI   Mar 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Imbau Masyarakat Bijak Berbelanja di Bulan Ramadan
EKONOMI   Mar 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Ramadan, Pengunjung Pasar Sukabungah Meningkat
EKONOMI   Mar 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tiga Kecamatan di Kabupaten Bekasi Masuki Musim Panen
EKONOMI   Feb 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Optimis Cikarang Trade Center Dapat Memperluas Pemasaran UMKM
EKONOMI   Jan 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik