39 Tahun PDAM Tirta Bhagasasi, Pertahankan Predikat Sehat dan WTP

39 Tahun PDAM Tirta Bhagasasi, Pertahankan Predikat Sehat dan WTP


TerasKreasi.com

CIKARANG - Di tengah situasi pandemi Covid-19, PDAM Tirta Bhagasasi merayakan Ulang Tahun yang ke-39, pada Selasa, 29 September 2020. 

Meski digelar secara sederhana, rangkaian acara Ulang Tahun PDAM Tirta Bhagasasi diisi dengan kegiatan berbagi kebahagiaan bersama masyarakat, seperti donor darah, pembagian satu ton beras ke 10 yayasan sosial, pembagian 4.000 masker dan handsanitizer, serta penghargaan kepada pelanggan tepat waktu membayar.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim mengatakan, diperolehnya predikat Perusahaan Daerah Air Minum 'Sehat' serta Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang didapat secara berturut-turut menjadi kado spesial ulang tahun ke-39 PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi tahun ini.

"Alhamdulillah berturut-turut bahkan hingga delapan tahun predikat PDAM Sehat dan WTP diberikan kepada kami, akan kami pertahankan dan semoga semakin baik ke depan," kata Usep.

Menurutnya, predikat itu diraih atas kerja keras segenap karyawan dalam memenuhi cakupan pelayanan, operasional, keuangan, serta peningkatan sumber daya manusia yang menjadi indikator penilaian.

"Faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi di antaranya efektivitas penagihan dan pelayanan air 24 jam, penurunan tingkat kehilangan air, penerapan tarif secara full cost recovery, dan peningkatan jam operasi pelayanan," ujarnya.

Selain itu efisiensi produksi, peningkatan konsumsi air, penggantian meter air, peningkatan cakupan dengan kerja sama investasi, serta peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia.

"Tim penilai melibatkan BPSPAM dari segi teknis, Kemendagri menilai administrasi, dan BPKP terkait keuangan," katanya.

Di usia yang ke-39 pihaknya terus berupaya memaksimalkan pelayanan untuk menjaga kepercayaan yang selama ini diberikan pelanggan terhadap perusahaan milik Kabupaten dan Kota Bekasi itu.

Ia menyebutkan, pekerjaan rumah terbesar saat ini, mulai dari pemenuhan cakupan layanan yang baru mencapai sekitar 40 persen dari total penduduk, peningkatan pendapatan, hingga kontribusi terhadap pendapatan daerah.

"Cakupan layanan kami memang masih kecil dibandingkan jumlah warga Bekasi yang mencapai lima juta jiwa lebih namun untuk level provinsi kita masih terunggul. Kemudian peningkatan pendapatan serta kontribusi PAD, setidaknya tiga item ini yang akan kita maksimalkan segera," ucapnya.

Dalam acara tersebut, juga diberikan penghargaan kepada kantor cabang dan cabang pembantu berkinerja terbaik, bonus penghargaan 54 pekerja purna bakti, dan penyambungan kembali 1.700 pelanggan nonaktif dengan bebas denda.

"Harapan kami PDAM Tirta Bhagasasi ke depan menjadi lebih baik, lebih mandiri dan berswasembada, serta lebih luas cakupan layanannya," ujarnya.

Reporter : Muh Ikbal

Editor     : Yus Ismail
 

Tag:    pemerintahan  |  pemerintahan  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top