Sabtu, 20 April 2024

Paniisan Proponcol Rawa Gebang Usung Konsep Wisata Sawah

BUDAYA   Sep 13, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.763 Kali


10WhatsApp Image 2020-09-10 at 19.41.48.jpeg


DESTINASI

CIKARANG TIMUR - Potensi sektor Pariwisata yang mengusung konsep alam di Kecamatan Cikarang Timur terus menggeliat, setelah Kawung Tilu yang berlokasi di Desa Cipayung, kini ada yang namanya Wisata Alam Paniisan Proponcol, Rawa Gebang di Desa Jati Baru, Kecamatan Cikarang Timur. Wisata Paniisan ini dikelola dan digarap langsung oleh bocah asli Jati Baru, Cikarang Timur Aris Sadikin Asnawi.

Aris mengatakan bahwa tujuan mendirikan destinasi wisata alam dengan konsep wisata sawah adalah tak lain ingin memberdayakan perekonomian warga dan membangun Jati Baru lebih maju.

"Destinasi wisata yang saya bangun menggunakan lahan pribadi dengan luas mencapai sekitar 1 hektar," ujarnya diwawancarai di lokasi Paniisan.

Menurut pria yang juga bekerja sebagai ASN Pemerintah Kabupaten Bekasi ini, destinasi wisata yang di bangun di lahan seluas 1 hektar ini nantinya mengusung konsep Wisata Sawah. Meski sekarang masih dalam tahap on progres, dimana prosesnya terus berjalan dan saat ini sudah sekitar 30 persen yang terbangun.

"Saya membangun destinasi wisata ini pakai dana dan lahan pribadi, yang mana saat ini baru progres 30 persen, pokoknya kekurangan 70 Persennya diharapkan sudah selesai di akhir Tahun 2020 , "kata dia.

Konsep Destinasi Wisata sawah yang diusung ini, papar dia nanti dilengkapi dengan edukasi bercocok tanam dan kolam benih ikan. Ia mengaku sangat  terinspirasi dengan objek wisata yang sering ditonton di sebuah chanel Youtube yang menyajikan beragam destinasi alam.

"Baru baru ini kan ada yang baru itu yang lagi hangat seperti di jawa tengah tepatnya magelang, yang mana konsepnya sama apa yang mau saya gagas yakni wisata sawah. Jadi, dari situlah lahir sebuah inspirasi untuk membangun dan mendirikan wisata alam berkonsep Wisata Sawah," imbuhnya.

Dirinya berharap, Ide serta gagasan membangun destinasi wisata alam 'Wisata Sawah' dapat di dukung penuh dari anggota DPRD khususnya dapil VI Cikarang Utara-Cikarang Timur-Karang Bahagia, serta Pemerintahan Desa setempat, BPD, Karang Taruna agar jati baru makin berkembang.

"Dengan adanya dukungan yang diberikan, tentu sangat diharapkan bisa membangkitkan semangat bagi desa lainnya untuk membangun destinasi wisata,"pungkas dia (*)

KONTRIBUTOR: DEDI JUNESKA

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Hadiri Acara Ruwat Bumi, Pj Bupati Bekasi Imbau Masyarakat Waspada Bencana di Musim Hujan
BUDAYA   Jan 7, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadiri PRJ, Pj Bupati Bekasi Bangga Kreativitas dan Kolaborasi Masyarakat Jatimulya
BUDAYA   Dec 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Deltamas Matsuri Ajarkan Anak Muda Hargai Perbedaan Budaya
BUDAYA   Nov 4, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Peringati Hari Batik, Kades Sindangmulya Bawa Batik Cibarusah Ke Tingkat Nasional
BUDAYA   Oct 2, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Festival Tunas Bahasa Ibu, Dani Ramdan Ajak Pelajar Kabupaten Bekasi Lestarikan Bahasa Sunda
BUDAYA   Sep 21, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik