Jumat, 19 April 2024

Diskominfo Jabar Luncurkan Aplikasi untuk Penyandang Disabilitas Netra

JAWA BARAT   Sep 9, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.113 Kali


61599656547996.jpg


Aplikasi Si Votun Jabar

BANDUNG -  Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat menciptakan aplikasi yang diberi nama "Si Votun Jabar" atau Sistem Informasi Voice Over Bagi Tuna Netra di Jawa Barat.

Aplikasi ini diperuntukan bagi penyandang disabilitas netra dalam memperoleh informasi mengenai Provinsi Jawa Barat dengan cara memberikan instruksi lewat suara.

Pimpinan Proyek Si Votun Jabar, Indah Dwianti mengatakan, latar belakang Si Votun Jabar berdasarkan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Indah mengatakan, masyarakat difabel dalam kategori tunanetra juga berhak berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya,

"Mereka juga berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi,” kata Indah, Selasa (08/09/20).

Untuk menunjang hal tersebut, Proyek Perubahan Seksi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat membuat aplikasi "Si Votun Jabar" yang dapat membantu masyarakat penyandang disabilitas netra.

"Aplikasi Si Votun Jabar ini perlu disosialisasikan secara masif kepada masyarakat tuna netra agar dapat dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Demikian pula, dengan pelaksanaan pembangunan Provinsi Jawa Barat, keberhasilannya perlu didukung oleh akselerasi pengembangan sumber daya informasi.

Saat ini Diskominfo Jabar sudah melakukan uji coba Si Votun Jabar terhadap SLBA Pajajaran dan Balai Wyataguna.

Seorang guru SLBA Pajajaran Bandung, Uga Suharsono menuturkan, dirinya bersama rekan-rekan penyandang disabilitas netra lain, mendukung aplikasi Si Votun Jabar karena dinilai bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

“Melalui Si Votun Jabar, minimal ada pengetahuan tentang seluk beluk Jabar. Awalnya kami tidak mengetahui namun dengan apliikasi ini kami mendapatkan manfaat terutama kami yang haus dengan informasi soal Jabar. terima kasih sudah peduli sama kami yang netra ini,” ujar dia.

Dida Kusmana, Guru SDLB Pajajaran pun mengapresiasi hadirnya Si Votun Jabar yang nantinya diharapkan dapat mempermudah disabilitas netra dalam mendapatkan informasi seputar Jawa Barat.

Reporter : Muh Ikbal

Editor     : Yus Ismail

Berita Lainnya

BMKG Imbau Masyarakat Jawa Barat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem pada 18-24 April 2024
JAWA BARAT   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran Tingkat Jawa Barat
JAWA BARAT   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Beras Jabar Aman
JAWA BARAT   Nov 8, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PWNU Jabar Apresiasi PCNU Kabupaten Bekasi Kembangkan Pendidikan dan Koperasi
JAWA BARAT   Oct 18, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Wajib Belajar 12 Tahun, Bey Machmudin Pastikan SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bekasi Gratis
JAWA BARAT   Oct 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik