Dra. Hj. Ida Farida, M.Si, Sosok Bunda yang Memotivasi dan Menginspirasi

Dra. Hj. Ida Farida, M.Si, Sosok Bunda yang Memotivasi dan Menginspirasi


TerasKreasi.com
Dra. Hj. Ida Farida, M.Si (kedua dari kiri). Foto : ist.

Forum Anak Kabupaten Bekasi  dianugerahkan sebagai Peserta Terbaik tingkat Nasional Kategori Kabupaten DAFA Award 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa 25 Agustus 2020 di Jakarta. 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga memberikan secara langsung  Penganugerahan Data Forum Anak (DAFA) Award Tahun 2020  kepada Forum Anak Kabupaten Bekasi yang bernama Perak Busi (Persatuan Remaja dan Anak Kabupaten Bekasi).

Kemenangan Forum Anak Kabupaten Bekasi tidak lepas dari peran sosok Bunda yang pernah menjadi Pembina Forum Anak Kabupaten Bekasi selama masa jabatan beliau sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bekasi  tahun 2017 hingga 2019.  Beliau sangat disayangi dan dicintai oleh anak-anak Kabupaten Bekasi. Sosok yang selalu memotivasi dan menginspirasi, Bunda Dra. Hj. Ida Farida , M.Si .

Dalam bimbingan dan arahan Bunda Ida Farida  keberadaan data-data kegiatan Forum Anak semakin tertata dengan rapi.  Bunda Ida Farida sangat menekankan pentingnya keberadaan pengumpulan Data dan Informasi Forum Anak sebagai bukti bahwa aktivitas aktivitas yang diberkaskan akan menjadi bagian dari evaluasi  Forum Anak Kab. Bekasi. 

Melalui arahan dan pembinaan tentang pentingnya pemberkasan data Forum Anak yang dilakukan oleh pengurus Forum Anak Kabupaten  Bekasi  telah membuktikan  bahwa anak-anak telah memahami betapa pentingnya data sebagai bahan untuk melakukan evaluasi sekaligus mengukur efektivitas program maupun lembaga pendataan yang sistematis.

Forum Anak Kabupaten Bekasi telah melakukan pendataan profil forum anak beserta  seluruh kegiatan yang telah dilakukan untuk mengetahui keaktifan forum anak. Dengan demikian  forum anak  yang aktif, reaktif dan dalam menjalankan peran sebagai pelopor dan pelapor akan terlihat dengan jelas. 

Dari pengumpulan aktifitas data  Forum Anak Kabupaten Bekasi membuktikan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak serta keterlibatan anak dalam perencanaan pembangunan. 

Forum anak adalah salah satu bentuk upaya pemerintah dalam melaksanakan pemenuhan hak-hak dasar anak dan perlindungan khusus anak yang diamanatkan dalam Konvensi Hak Anak dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Kunci keberhasilan Forum Anak dalam menjalankan peran dan fungsinya adalah adanya kemauan dan kemampuan anak untuk berperan sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan. 

Meskipun di tahun 2020 Bunda Ida Farida tidak berdinas di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten dan sekarang bertugas di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) pada Pemerintahan Kabupaten Bekasi namun rasa cinta dan kasih sayang yang tulus pada anak-anak kabupaten Bekasi sangatlah besar hal ini terbukti saat mensuport Program Ngabaso (Ngabring Ka Sakola).

Ngabaso adalah program unggulan Provinsi Jawa Barat yang melestarikan budaya berangkat ke sekolah bersama-sama untuk meningkatkan interaksi sosial antara teman sekolah dan membiasakan anak berjalan kaki agar lebih sehat, lebih peduli sesama, juga menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melindungi anak-anak menuju ke sekolah

Melului support yang luar biasa dari Bunda Ida Farida, program Ngabaso (Ngabring Ka sakola) disiosialisasikan hingga ke desa-desa yang merupakan wilayah tugas bunda Ida Farida.  Melalui program Ngabaso tersebut anak-anak di desa akan merasa bahagia dan senang ke sekolah. Semoga pandemic Covid-19 berlalu agar program Ngabaso bisa direalisasikan kembali.

Sebagai Pendamping Forum Anak Kabupaten Bekasi, Rahmawati menyampaikan terima kasih kepada bunda Ida Farida yang selalu mensuport dan memotivasi anak-anak kabupaten Bekasi dalam wadah Forum Anak yang bernama Perak Busi.  

Pembinaan dan arahan Bunda Ida Farida memberikan kesempatan anak-anak untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi serta berpartisipasi aktif dalam melaksanakan tugasnya sebagai Pelopor dan Pelapor.  

Dengan kerja keras dan kerja sama yang baik Forum Anak Kabupaten Bekasi berhasil meraih predikat Kabupaten Terbaik tingkat Nasional. Terima kasih bunda Ida Farida, atas suportnya yang luar biasa dan memotivasi serta menginspirasi anak anak kabupaten Bekasi untuk lebih berprestasi dalam mewujudkan Indonesia layak anak.

Dalam Kesempatan ini kami pendamping Forum Anak dan Konsultan Pendidikan Griya Ilmu, merekomendasikan Bunda Ida  Farida, untuk masuk dalam Anugerah ASN MenpanRB 2020 #DPMDBekasiKab atas kiprah beliau selama ini terkait pendidikan anak.

Penulis : Rahmawati
Editor    : Yus Ismail

Tag:    nasional  |  nasional  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top