Disperin Imbau Setiap Perusahaan Wajib Miliki IUI

Disperin Imbau Setiap Perusahaan Wajib Miliki IUI


TerasKreasi.com
PUJI NUGRAHA

CIKARANG PUSAT - Kepala Seksi Wasdal pada Dinas Perindustrian (Disprin) Kabupaten Bekasi, Puji Nugraha menyebutkan bahwa setiap industri wajib memiliki Ijin Usaha Industri (IUI). Penerbitan ijinnya pun melalui Online Singgle Subsmition (OSS) yang berada di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Sebelumnya OSS ini di pegang Kementrian Perekonomian, namun kini dialihkan ke BKPM dan sudah berjalan setahun ini, "ungkap dia saat di wawancarai di ruang kerjanya.

Dikatakannya semua pelayanan perijinan sekarang dilakukan melalui satu pintu yakni melalui OSS mulai dari ijin yang terkecil sampai ijin yang besar sekalipun termasuk di dalamnya IUI.

“Jadi setiap perusahan wajib memiliki IUI dan hal itu dimuatkan dalam OSS, nantinya OSS akan mengeluarkan IUI tetapi belum efektif. IUI baru bisa efektif, setelah perusahaan memenuhi semua komitmen yang menjadi syarat mutlak. Syarat itu antaranya harus memiliki akun perijinan, menyampaikan data industri, jika berada di luar kawasan industri wajib menyampaikan surat keterangan dari menteri yang menyatakan bahwa perusahaan boleh di luar kawasan industri, ijin lokasi, ijin lingkungan, verifikasi teknis dilakukan oleh dinas kabupaten/kota dan dinas provinsi,dan dirjen di kementrian," ujar dia.

Disampaikannya untuk perusahaan industry kecil menegah (IKM) perijinannya berada di kabupaten atau kota pada verifikasi teknis terutama Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), sedangkan untuk Penanaman Modal Asing (PMA) ada di tingkat kementrian terutama yang produksinya seperti pembuatan alcohol atau pembuatan senjata.

Bahkan menurutnya, tidak semua perusahaan bisa memegang IUI. Perusahaan yang ingin memegang IUI harus melalui verifikasi terlebih dahulu mulai dari tenaga kerja yang dimiliki, nilai investasinya, tanah, bangunan atau gedung.

"Verifikasi menjadi syarat yang harus di penuhi perusahaan apabila ingin memegang IUI, "imbuhnya. (*)

 

KOTRIBUTOR: DEDI JUNESKA

EDITOR: TATA JAELANI

Tag:      |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top