Kamis, 25 April 2024

HUT Ke-60, Kajari Tegaskan Komiten Penegakan Hukum

PEMERINTAHAN   Jul 22, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.085 Kali


43WhatsApp Image 2020-07-22 at 18.58.00.jpeg


CIKARANG PUSAT - Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi merayakan hari Bhakti Adhyaksa yang ke 60 tahun. Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Rara Mahayu Suryandari menegaskan komitmennya dalam penegakan hukum di Kabupaten Bekasi.

"Di usia yang senja ini, kami di tuntut lebih arif dan bijaksana lagi di dalam mengambil suatu sikap yang banyak dinamika terutama komitmen kami dalam penegakan hukum," ungkapnya di Cikarang pada Rabu (22/07/2020).

Pihaknya dituntut kepada paradigma atau metode pendekatan hukum yang sifatnya restoratif yang mengutamakan pada pemulihan kerugian korban dalam hal ini individu maupun negara dalam tindak pidana korupsi.

"Bulan April lalu, kita sudah mengembalikan kerugian negara sebesar 1 Miliar lebih sebagai bukti bahwa kejaksaan negeri kabupaten bekasi komit dalam penegakan hukum bidang korupsi, jadi tidak hanya mempidanakan si pelaku saja, tetapi kami berupaya untuk pemulihan terhadap kerugian negara," kata dia

Disampaikannya penanganan kasus yang ditangani Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi selama setahun belakangan untuk kasus Tipikor sudah hampir selesai.

“Untuk putusannya sekarang tinggal menunggu dari pengadilan, bahkan sekarang ini pihaknya sedang giat proses terhadap penanganan pengaduan masyarakat,” tambahnya.

Disampaikannya sesuai peraturan pemerintah bahwa ada Memorandum Of Understandin (MoU) antara Kejaksaan, Kepolisian dan Menteri Dalam Negeri harus menggandeng APIP didalam penanganan dan penyelesaian pengaduan masyarakat.

“Bukan berarti menghilangkan proses pidananya. Terjadi ada atau tidaknya mal administrasi dalam suatu kasus, Kejari Kabupaten Bekasi akan memberikan edukasi. Namun, apabila ditemukan pelanggaran yang melawan hukum maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk menindaklanjuti dan menuntut ke pidana,”terangnya. (*)

KONTRIBUTOR: DEDI JUNESKA

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Jaga Kesehatan Peserta MTQ, PMI Kabupaten Bekasi Siagakan Ambulans dan Tim Medis
PEMERINTAHAN   Apr 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Tekankan Pentingnya Inovasi dan Teknologi dalam Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ade Muksin Terpilih Sebagai Ketua PWI Bekasi Periode 2024-2027, Pemkab Bekasi Beri Selamat
PEMERINTAHAN   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah DBD Kepala Puskesmas Sukadami Ajak Masyarakat Budayakan PHBS
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat, Pemkab Bekasi Gerakkan Perangkat Daerah dan Unsur Masyarakat
PEMERINTAHAN   Apr 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik