Dampak Pandemi, Permintaan Hewan Kurban di Cikarang Timur Menurun

Dampak Pandemi, Permintaan Hewan Kurban di Cikarang Timur Menurun


TerasKreasi.com

CIKARANG TIMUR - Peternak dan pedagang hewan kurban di Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi mengeluhkan sepinya permintaan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha. Mereka mengaku, menurunnya permintaan hewan kurban karena dampak dari pandemi virus Covid-19.

Seperti yang diakui H Aruman (60 tahun), salah satu peternak sapi, asal Desa Jati Baru, Kecamatan Cikarang Timur. Ia mengatakan sampai saat ini pesanan hewan kurban di peternakan miliknya jauh berkurang dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan sapi tahun ini menurun hampir 50 persen. Kendati pesanan sudah mulai ada karena sudah mendekati Hari Raya Idul Adha, tetapi sangat berbeda dengan tahun kemarin," kata H. Aruman, Selasa (21/07/20).

Meskipun permintaan menurun, perawatan ekstra tetap dilakukan agar hewan kurban tetap sehat dengan memberi vitamin secara rutin, memberi makan, minum dan kebersihan sapi tetap dijaga supaya bersih dan sehat.

Selain itu, hewan kurban miliknya juga rutin dimandikan dan diberi perapian saat malam hari.

"Untuk jelang Idul Adha, sapi rutin dimandikan tidak seperti hari biasa, dimandikan dua kali dalam sehari, khususnya di pagi hari. Sapi juga diberi perapian berfungsi mengusir nyamuk, serangga yang mengganggu kenyamanan sapi, itu sangat berpengaruh, karena kalau tidak diberi perapian, sapi akan gelisah, sehingga kurus," terangnya.

Reporter : Tedi
Editor      : Yus Ismail

Tag:    ekonomi  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top