Kamis, 25 April 2024

Revitalisasi Pasar Induk Cibitung Usung Konsep Zero Limbah

EKONOMI   Jun 25, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.658 Kali


59WhatsApp Image 2020-06-25 at 10.40.42.jpeg


CIKARANG PUSAT - Pemerintah Kabupaten Bekasi akan segera melakukan Revitalisasi Pasar Induk Cibitung. Hal itu ditandai dengan telah dilakukannya

Penandatanganan MoU Revitalisasi Pasar Induk Cibitung antara Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dengan PT. Citra Prasasti Konsorindo, di Ruang Rapat Bupati, Rabu (24/6/20).

Revitalisasi Pasar Induk Cibitung nantinya akan mengusung konsep zero waste atau nol limbah dan sesuai dengan konsep pasar Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan melakukan perbaikan sarana dan prasarana, pembangunan ditargetkan akan menghabiskan biaya sebesar Rp190 Miliar.

"Saya mengharapkan revitalisasi ini harus betul-betul menjadi lebih baik dari sekarang. Sesuai dengan tahapan, pasar-pasar di Kabupaten Bekasi dapat menjadi kebanggaan masyarakat dan dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” kata Bupati.

Konsep pasar sesuai SNI yakni meliputi sirkulasi dan pencahayaan tertata dengan baik, bersih, bisa diakses semua orang (lansia dan disabilitas), terdapat ruang laktasi (ruang menyusui), toilet bersih, pos kesehatan, pos keamanan, tempat beribadah serta sarana telekomunikasi dan informasi yang jelas.

“Ada beberapa pasar yang menjadi target, termasuk Pasar Induk Cibitung, yang menjadi pusat ekonomi masyarakat,” ungkap Bupati Bekasi.

Dengan penerapan konsep bangunan hijau (green building) nantinya Pasar Induk Cibitung diharapkan dapat mengambil peran dalam pembangunan berkelanjutan. Untuk melindungi, menghemat dan mengurangi sumber daya alam dan menghasilkan bangunan yang ramah lingkungan.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Citra Prasasti Konsorindo, Mochammad Faisol mengatakan, sampah dan saluran drainase menjadi permasalahan utama yang akan dilakukan.

“Dalam revitalisasi nantinya, kita akan bangun, bangunan bertingkat. Lokalnya itu nanti akan di bawah, bukan diatas. Lantai 2, nantinya kita siapkan foodcourt dan parkir motor, untuk bongkar muat kita tata supaya semuanya teratur,” terangnya.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan, sistem pengolahan sampah terpadu nantinya akan diolah langsung menjadi pupuk dan dapat dimanfaatkan kembali.

“Insyallah Pasar Induk Cibitung ini akan menjadi pilot project. Semuanya tanpa ada limbah sama sekali. Nanti akan menjadi pupuk organik yang dapat dimanfaatkan,” tutupnya. 

Reporter : Himawan

Editor   : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Kopi Manis, Bantu UMKM Kecamatan Sukawangi Tingkatkan Wawasan Bisnis
EKONOMI   Apr 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Siapkan BUMDes Terbaik, Ikut Pilot Project Permodalan Khusus Bank BJB
EKONOMI   Apr 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dampingi Mendag Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tambun
EKONOMI   Mar 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Imbau Masyarakat Bijak Berbelanja di Bulan Ramadan
EKONOMI   Mar 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jelang Ramadan, Pengunjung Pasar Sukabungah Meningkat
EKONOMI   Mar 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik