Rabu, 24 April 2024

Cegah Covid-19, UPTD Pasar Tambun Sediakan Wastafel Massal

COVID - 19   Apr 14, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 5.686 Kali


39IMG-20200414-WA0071.jpg


TAMBUN SELATAN - Untuk pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), UPTD Pengelola Pasar Tambun, Kabupaten Bekasi, berusaha menerapkan protokol kesehatan yang diatur oleh pemerintah, seperti mendorong social distancing, penggunaan masker, menyediakan wastafel portable untuk cuci tangan hingga imbauan kepada para pedagang agar menyediakan hand sanitizer atau antiseptik.

Kasubag TU UPTD Pengelola Pasar Tambun, Asma, S.AP, M.Si mengatakan, penyediaan fasilitas itu sebagai bentuk kepedulian pengelola Pasar Tambun untuk memberikan perlindungan kesehatan para pedagang dan pengunjung pasar yang terletak di Jalan Raya Sultan Hasanudin, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi itu.

"Kami menyediakan wastafel portable yang diletakkan di pintu masuk Pasar Tambun," katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/4/2020).

Asma menjelaskan, wastafel portable pemberian istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil ini disediakan khusus untuk pengunjung Pasar Tambun.

Selain dari istri Gubernur Jabar, bantuan juga diberikan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, sebanyak 13 wastafel portable ukuran sedang dan ditempatkan di seluruh titik pintu masuk Pasar Tambun.

"Kami juga mendapat bantuan satu wastafel portable ukuran besar dari Baznas Kabupaten Bekasi. Wastafel portable itu kita tempatkan di pintu masuk depan Pasar Tambun," jelasnya. 

Dikatakan, setiap hendak masuk areal Pasar Tambun, semua pengunjung diharuskan mencuci tangan di air mengalir hingga bersih dengan sabun.

"Pedagang dan pembeli juga diminta waspada dengan meningkatkan pola hidup sehat dan bersih. Sebisa mungkin melakukan social distancing atau menjaga jarak," kata Asma, yang akrab disapa Ade Asma ini.

Selain memasang wastafel portable, pihaknya juga mengimbau kepada para pedagang agar menyediakan hand sanitizer atau antiseptik yang diletakkan di kios-kios dan lapak-lapak.

"Kami berharap gerakan ini dapat membuat Pasar Tambun menjadi pasar yang lebih sehat dan terbebas dari virus Corona," tandasnya.

Upaya yang dilakukan pengelola Pasar Tambun untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 itu disambut gembira oleh para pedagang maupun pengunjung.

Mereka menyambut positif upaya yang dilakukan dalam melindungi kesehatan. "Tentu kami senang dengan adanya wastafel portable di areal pasar. Ternyata pengelola Pasar Tambun tahu yang kami butuhkan," kata salah satu pedagang sayur, Nesan.

Salah seorang pengunjung Pasar Tambun, Halimah mengaku merasa nyaman dan aman dalam berbelanja di Pasar Tambun karena menyediakan tempat cuci tangan.

"Kalau kita masuk dan keluar cuci tangan dulu saat beraktivitas di pasar rasanya itu lega, tidak was-was," kata Halimah, asal Desa Mangunjaya.

Reporter : L. Budiarto
Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Kemenag, PCNU dan Polres Metro Bekasi, Kolaborasi Wujudkan Program 1 Juta Vaksin
COVID - 19   Apr 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Puskesmas Babelan 1 Genjot Vaksinasi Booster Selama Ramadan
COVID - 19   Apr 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muspika Tarumajaya Sasar Penerima BLT yang Belum Mengikuti Vaksinasi
COVID - 19   Apr 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Koramil 11/Pebayuran Kawal Percepatan Vaksinasi di Bulan Ramadan
COVID - 19   Apr 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Meski Ramadan, Puskesmas Sriamur Layani Setiap Hari Vaksinasi Covid-19
COVID - 19   Apr 11, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik