Jumat, 19 April 2024

BPJS Kesehatan Cikarang Berikan Layanan tanpa Kontak Fisik

COVID - 19   Apr 8, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 18.864 Kali


81WhatsApp Image 2020-04-08 at 11.09.32.jpeg


CEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA

CIKARANG SELATAN – Di tengah merebaknya penyebaran virus corona di Indonesia, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk tetap memberikan layanan  kepada seluruh masyarakat,  Khususnya peserta JKN-KIS. Masyarakat bisa mendapat layanan dengan tanpa kontak fisik.

Masyarakat juga diharuskan mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus tersebut, seperti penerapan social distancing, pengecekan suhu tubuh dan menyediakan cairan hand sanitizer di setiap sudut ruangan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Ridho Nurfadli mengatakan bahwa bagi peserta yang ingin mengakses pelayanan, kini dapat mengakses tanpa harus datang ke kantor cabang.

Dengan adanya layanan BPJS Kesehatan seperti Mobile JKN, Care Center 1500 400, Chat Assistant JKN (CHIKA) serta Voice Interactive JKN (VIKA), peserta JKN dapat dengan mudah mengakses layanan kepesertaan dan tetap menjalani protokol pencegahan penyebaran virus corona.

“Tidak ada beda dalam pelayanannya, hanya saja peserta saat ini tidak dapat untuk masuk ke dalam kecuali peserta dengan kategori tertentu misalnya ada peserta urgent yang membawa surat rawat inap dari fasilitas kesehatan, kami tetap melakukan pengurusan seperti biasanya. Jadi ketika kami melakukan pelayanan peserta dapat menunggu sebentar dan kami langsung mengurus keperluannya sesuai dengan form yang telah peserta isi,” ujar Ridho, Selasa (07/04/2020).

Ia juga mengarahkan agar lebih mudah, cepat, praktis, kapan dan di mana saja, peserta dapat menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan pelayanan JKN-KIS yang dapat diakses melalui smarthphone mereka masing-masing.

“Saat ini kami mengarahkan agar para peserta yang ingin melakukan pindah kelas atau pindah fasilitas kesehatan (faskes) untuk dapat menggunakan aplikasi Mobile JKN yang dapat di download di playstore. Jadi peserta tidak perlu untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan. Melalui aplikasi Mobile JKN peserta tidak hanya dapat melakukan penurunan kelas, mereka juga dapat mengetahui aktif atau tidaknya kartu, perubahan data peserta, pengaduan keluhan, melakukan pembayaran, hingga mendapatkan sistem antrean online di faskes tingkat pertama maupun fakses tingkat lanjutan,” ujarnya.

Selain Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga memiliki Chika (Chat Asistent JKN) dan Vika (Voice Interactive JKN) yang dapat memberikan pelayanan, namun bedanya Chika dapat di akses melalui WhatsApp melalui nomer 0811-8750-400, telegram (https://t.me/BPJSKes_bot) atau facebook massanger di BPJSKesehatanRI sedangkan Vika dapat diakses melalui call center dengan nomor 1500400.

“Dengan Chika, peserta cukup mengirimkan pesan singkat whatsApp, telegram, ataupun facebook messanger. Selanjutnya secara otomatis peserta bisa melakukan pengecekan status peserta, tagihan, lokasi kantor, fasilitas kesehatan, registrasi dan ubah data peserta yang akan dibalas oleh sistem,”tutupnya.(*)

Penulis: Himawan Abror

Editor: Tata Jaelani

Berita Lainnya

Kemenag, PCNU dan Polres Metro Bekasi, Kolaborasi Wujudkan Program 1 Juta Vaksin
COVID - 19   Apr 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Puskesmas Babelan 1 Genjot Vaksinasi Booster Selama Ramadan
COVID - 19   Apr 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muspika Tarumajaya Sasar Penerima BLT yang Belum Mengikuti Vaksinasi
COVID - 19   Apr 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Koramil 11/Pebayuran Kawal Percepatan Vaksinasi di Bulan Ramadan
COVID - 19   Apr 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Meski Ramadan, Puskesmas Sriamur Layani Setiap Hari Vaksinasi Covid-19
COVID - 19   Apr 11, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik