Kejari Kabupaten Bekasi Selesaikan 100 Perkara Lewat Sidang Online
Tanggap Darurat Covid-19

Kejari Kabupaten Bekasi Selesaikan 100 Perkara Lewat Sidang Online


TerasKreasi.com
Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Raden Rara Mahayu Dian Suryandari. Foto : Antara

CIKARANG PUSAT - Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi berhasil menggelar 100 perkara sidang online selama masa tanggap darurat pandemi Covid-19. 

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Raden Rara Mahayu Dian Suryandari, seperti dikutip Realita.co, mengatakan, mekanisme sidang secara elektronik tersebut diselenggarakan dengan menghubungkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang berada di Kantor Kejari Kabupaten Bekasi sebagai host. 

"Adapun 3 titik lainnya sebagai participant yakni Hakim di Pengadilan Negeri Cikarang, Penasehat Hukum serta terdakwa di Lapas Kelas IIA Cikarang dan saksi-saksi yang berada di kantor kepolisian terdekat dengan kediaman saksi," kata Mahayu.

Mahayu menjelaskan, kegiatan persidangan secara elektronik dengan metode video conference tersebut menggunakan media aplikasi Zoom yang digelar sejak Senin, (30/03/ 20) dengan total perkara yang disidangkan sampai dengan Rabu (01/04/20) sebanyak 103 perkara, termasuk perkara anak-anak.

"Persidangan secara elektronik yang tidak mempertemukan para pihak dalam suatu ruang sidang adalah bentuk implementasi physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-1 khususnya di wilayah Kabupaten Bekasi,” terang Mahayu.

Selain itu Kejari Kabupaten Bekasi juga melimpahkan perkara dengan metode Acara Pemeriksaan Singkat (APS) terhadap perkara yang pembuktiannya mudah.

“Ini terlaksana berkat dukungan dari Diskominfo Kabupaten Bekasi dalam memfasilitasi sarana di Pengadilan Negeri dan Lapas,” ucap Mahayu. 

Sementara itu Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung, Dr Sunarta SH MH mengapresiasi pencapaian Sidang Online yang telah dilaksanakan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi.

Menurut Sunarta, keberhasilan menggelar sidang online dengan memanfaatkan teknologi informatika melalui sarana video conference tentu tidak terlepas dari komunikasi dan kerjasama yang dijalin jajaran Kejari Kabupaten Bekasi dengan pihak pengadilan, kepolisian, Rutan serta para pihak lainnya seperti saksi-saksi dan penasehat hukum.

"Saya mengapresiasi kinerja teman-teman di Kejari Kabupaten Bekasi yang tetap semangat melaksanakan tugas dan fungsinya di tengah-tengah wabah (pandemi) Covid 19. Ini termasuk yang tertinggi," kata Sunarta ketika ditemui wartawan di kantornya di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (03/04). 

Reporter  : Muhamad Ikbal

Editor       : Yus Ismail

Tag:    covid19  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top