Cegah Penyebaran Covid-19, Muspika Cibarusah Sepakati Salam Sunda

Cegah Penyebaran Covid-19, Muspika Cibarusah Sepakati Salam Sunda


TerasKreasi.com

CIBARUSAH - Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cibarusah menggelar rapat koordinasi terkait percepatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Aula Kecamatan, Selasa (17/3/2020). 

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Camat Cibarusah, Kapolsek Cibarusah, Danramil Cibarusah, Kepala UPTD/instasi dan Kepala Desa se-Kecamatan Cibarusah.

Camat Cibarusah Muhamad Kunaefi menjelaskan, rapat koordinasi ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Bekasi terkait Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Bekasi dan rapat pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Senin (16/3/2020).

"Pertemuan hari ini untuk mensosialisasikan Surat Edaran Bupati tersebut dan rapat Forkopimda yang dilaksanakan kemarin, agar seterusnya Kepala Desa, Kepala UPTD dan stakeholder terkait juga mensosialisasikan pencegahan Covid-19 ke warga Kecamatan Cibarusah," jelas Kunaepi.

Menurutnya, sosialisasi tentang percepatan pencegahan Covid-19 ini penting sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat. Agar masyarakat paham dan teredukasi terkait virus Covid-19. 

Apalagi sesuai himbauan dari Presiden dan Bupati, masyarakat juga dihimbau sementara waktu untuk tidak beraktivitas di luar ruang jika tidak penting dan pembatasan kegiatan yang sifatnya ada kerumunan massa.

"Masyarakat jangan panik, yang penting tetap waspada, karena semua demi kebaikan bersama," kata Kunaepi.

Selanjutnya, dalam pertemuan ini juga Muspika menyepakati "Salam Sunda" sebagai pengganti jabat tangan dengan jarak sekitar 1 meter. Karena salah satu penularan virus Covid-19 adalah lewat kontak fisik. 

Peragaan contoh "Salam Sunda" diperankan oleh Kapolsek Cibarusah dan Danramil Cibarusah 

"Mayoritas warga Cibarusah adalah Sunda, jadi kita menerapkan Salam Sunda sebagai pengganti jabat tangan, hal ini untuk sementara waktu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19," tutup Kunaepi.

Reporter : Ahmad Djaelani
Editor      : Yus Ismail

Tag:    covid19  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top