Pemkab Bekasi Selenggarakan Bimtek Penyusunan E-Katalog

Pemkab Bekasi Selenggarakan Bimtek Penyusunan E-Katalog


TerasKreasi.com

CIKARANG UTARA - Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan katalog elektronik atau e-Katalog, Rabu (11/3). Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asda II), Entah Ismanto membuka langsung kegiatan yang di selenggarakan di Hotel Java Palace, Cikarang Utara.

"Output yang diharapkan, para peserta khususnya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dapat memahami peraturan pengadaan barang/jasa yang berlaku. Sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku,"jelas Entah.

E-katalog merupakan sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis, dan harga barang atau jasa tertentu dari berbagai penyedia barang atau jasa pemerintah.

Untuk Pengadaan Barang dan Jasa, Pemerintah mempunyai peran yang penting dan strategis dalam kontribusi pelaksanaan pembangunan nasional khususnya dalam peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional maupun daerah.

"Mengingat pentingnya pemahaman terhadap peraturan yang terkait pengadaan barang dan jasa, maka kepada seluruh peserta, saya harapkan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh," tegasnya.

Dirinya juga meminta, kepada seluruh peserta supaya aktif dan dapat menerima materi yang disampaikan. Serta aktif berkonsultasi kepada narasumber.

Sesuai Perpres 16 Tahun 2019 tentang pengadaan Barang atau Jasa, bahwa Pemerintah memberi amanat kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan barang atau jasa Pemerintah (LKPP) untuk mengembangkan, merumuskan, dan menetapkan kebijakan pengadaan barang atau jasa Pemerintah. 

"Salah satu kebijakan yang telah dikembangkan dan dirumuskan adalah pengembangan sistem pengadaan secara elektronik beserta sarana pendukungnya," pungkasnya.

Ia menambahkan, perubahan paradigma dan perilaku pelaku pengadaan juga harus dirubah dan menyesuaikan seiring dengan perubahan proses pengadaan secara manual menjadi berbasis teknologi informasi yang serba elektronik. (ans)

Reporter : Himawan Abror

Editor     : Tata Jaelani

Tag:      |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top