Jumat, 19 April 2024

DPRD Kabupaten Bekasi Minta BBWS Segera Normalisasi Sungai dan Perbaiki Tanggul yang Rusak

JAWA BARAT   Mar 5, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.983 Kali


98bbws.jpg


CIKARANG PUSAT - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane dan BBWS Citarum diminta untuk segera menata sunga-sungai yang ada di Kabupaten Bekasi yang dinilai menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Selain itu kondisi tebing sungai yang tidak tertata juga membuat tanah dan rumah warga yang ada di bantaran sungai hanyut terbawa longsor.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Husni Thamrin mengatakan pasca bencana banjir di awal tahun 2020 lalu pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak BBWS Ciliwung Cisadane dan BBWS Citarum selaku instansi pemerintah yang memiliki kewenangan menata sungai-sungai di Kabupaten Bekasi.

“Kita sudah menyampaikan baik ke BBWS Ciliwung Cisadane maupun BBWS Citarum. Kita meminta agar mereka melakukan penguatan tanggul, menormalisasi sungai agar jangan sampai masalah banjir maupun longsor terus-terusan terjadi. Ini memang faktor alam tetapi kita juga tidak boleh tinggal diam. Yang terpenting adalah bagaimana kita meminimalisir faktor alam itu,” kata Husni, Rabu (04/03).

Pihaknya juga berharap BBWS Ciliwung Cisadane maupun BBWS Citarum memperhatikan masukan yang telah disampaikan Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi saat mendatangi kedua instansi tersebut beberapa waktu lalu.

Selain menimbulkan banjir, kondisi tebing sungai yang tidak tertata juga membuat sejumlah rumah warga yang ada di bantaran sungai hanyut terbawa longsor.  Berdasarkan data sementara, akibat meluapnya Kali Bekasi sedikitnya ada 10 rumah di Tambun Utara dan 12 rumah di Kecamatan Babelan yang terdampak. Selain itu tanah dan dua rumah warga yang berada di Kecamatan Pebayuran juga ikut tergerus longsor akibat meluapnya Sungai Citarum.

Reporter  : Muhamad Ikbal

Editor       : Yus Ismail

Berita Lainnya

BMKG Imbau Masyarakat Jawa Barat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem pada 18-24 April 2024
JAWA BARAT   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran Tingkat Jawa Barat
JAWA BARAT   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Beras Jabar Aman
JAWA BARAT   Nov 8, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PWNU Jabar Apresiasi PCNU Kabupaten Bekasi Kembangkan Pendidikan dan Koperasi
JAWA BARAT   Oct 18, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Wajib Belajar 12 Tahun, Bey Machmudin Pastikan SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bekasi Gratis
JAWA BARAT   Oct 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik