Jumat, 29 Maret 2024

Banjir Mulai Surut, Pemkab Bekasi Cabut Status Tanggap Darurat

JAWA BARAT   Mar 3, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.960 Kali


67gedung bpbd.jpg


CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi secara resmi mengakhiri status tanggap darurat banjir yang sudah diberlakukan sejak 25 Februari 2020. Dicabutnya status tanggap darurat ini seiring dengan mulai surutnya banjir di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Status tanggap darurat sendiri ditetapkan bilamana 50 plus 1 wilayah terkena bencana, termasuk fasilitas umum yang tidak bisa digunakan hingga mengganggu aktivitas warga secara keseluruhan. Sedangkan saat ini kondisinya sudah kondusif,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan di Badan Penanggulangan Bencana Daerag (BPBD) Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, Senin (02/03).

Namun demikian BPBD Kabupaten Bekasi tetap bersiaga menanggulangi bencana. Apalagi banjir saat ini masih terjadi di beberapa pemukiman warga di 4 kecamatan yakni Muaragembong, Babelan, Pebayuran dan Setu. Tinggi permukaan banjir di lokasi tersebut antara 20-80 sentimeter.

“Data hari ini ada delapan kecamatan sebetulnya tapi empat sudah surut tinggal empat lagi. Dan kami harapkan seluruhnya bisa surut karena intensitas hujan sudah cenderung menurun. Kendati begitu, petugas kami tetap kami siagakan di lokasi dengan dibantu TNI, Polri serta para relawan dan komunitas,” ucap dia.

Status Tanggap-Darurat diberlakukan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja pada pekan lalu setelah banjir melanda 41 desa di 20 kecamatan di Kabupaten Bekasi yang mengakibatkan 13.771 KK terdampak banjir. Kondisi ini membuat Pemerintah Kabupaten Bekasi menetapkan status tanggap darurat yang dimulai sejak 25 Februari sampai dengan 2 Maret 2020.

Reporter : Muhamad Ikbal

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Dani Ramdan Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran Tingkat Jawa Barat
JAWA BARAT   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Beras Jabar Aman
JAWA BARAT   Nov 8, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PWNU Jabar Apresiasi PCNU Kabupaten Bekasi Kembangkan Pendidikan dan Koperasi
JAWA BARAT   Oct 18, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Wajib Belajar 12 Tahun, Bey Machmudin Pastikan SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bekasi Gratis
JAWA BARAT   Oct 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diikuti 2.097 Peserta, West Java Festival sebagai Ajang Perpisahan Kang Emil
JAWA BARAT   Sep 4, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik