Kamis, 25 April 2024

Pemkab Bekasi Konsen Entaskan Kawasan Kumuh

JAWA BARAT   Feb 18, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.429 Kali


433==.jpeg


Wujudkan Pogram Berseka

TAMBUN SELATAN – Sebagai upaya mengentasakan kawasan kumuh, Pemerintah Kabupaten Bekasi berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat melaksanakan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dan Bekasi Bersih Sehat Berkah (Berseka).

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan bahwa Pemkab Bekasi gencar melakukan penataan serta pembangunan wilayah yang masih dianggap kumuh. “Sesuai dengan amanat Undang undang bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang lebih baik dan sehat maka dari itu Pemkab Bekasi akan terus giat melaksanakan program Berseka ini, ” ucap Eka pada peresmian hasil pembangunan Kotaku dan Program Berseka di Desa Mekarsari Kecamatan Tambun Selatan, Selasa (18/2/2020).

Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Bekasi No. 591/KEP.169-Distarkim/2016 ada sekitar 186,8 hektar dan tersebar di 30 kampung, 9 desa yang berada di 4 kecamatan yang masuk luasan wilayah kumuh. Sejak tahun 2017 hingga saat ini, luasan kumuh berdasarkan SK. Bupati Tahun 2016 telah dituntaskan secara bertahap.

“Pada tahun 2017 luasan kumuh berkurang sebesar 5,2 hektar. Pada tahun 2018 berkurang sebesar 78 hektare. Dan pada tahun 2019 berkurang kembali sebesar 97 hektar,” ungkap Eka.

Menurutnya, capaian penuntasan luasan kumuh tersebut tidak terlepas dari usaha dan kerja keras yang telah dilakukan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) sebagai leading sector penataan Kawasan kumuh di Kabupaten Bekasi.

“Saya mengapresiasi Disperkimtan sebagai leading sector, juga kepada perangkat dinas mitra yang tergabung dalam Pokja pengembangan Kawasan permukiman, para Muspika kecamatan, para fasilitator dan para relawan yang tetap bersemangat membangun lingkungan.” ujarnya.

Semenatara itu Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Iwan Ridwan mengungkapkan bahwa seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan ini di kawal oleh Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) dan dilakukan secara swakelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat serta pemeliharaannya melibatkan partisipasi masyarakat melalui kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP), di masing-masing desa  atau kelurahan penerima lokasi dan alokasi dana BPM.

Iwan menambahkan rencana kegiatan Berseka dan Kotaku di Tahun 2020 ini akan dianggarkan sebesar 52 miliar untuk 30 kampung, 9 desa yang berada di 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Tambun Selatan, Tambun Utara, Cikarang Selatan dan Cibitung.

Dalam acara tersebut Bupati juga menandatangani prasasti peresmian hasil program Berseka dan Kotaku dan ditutup penanaman pohon dan peninjauan fasilitas serta sarana seperti alat pembuatan kompos, Bank Sampah hingga peninjauan infrastruktur lingkungan. (*)

REPORTER : HIMAWAN ABROR

TATA JAELANI

Berita Lainnya

Dani Ramdan Pastikan Pembangunan Kabupaten Bekasi Sejalan dengan Agenda Nasional
JAWA BARAT   Apr 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BMKG Imbau Masyarakat Jawa Barat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem pada 18-24 April 2024
JAWA BARAT   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran Tingkat Jawa Barat
JAWA BARAT   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Beras Jabar Aman
JAWA BARAT   Nov 8, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PWNU Jabar Apresiasi PCNU Kabupaten Bekasi Kembangkan Pendidikan dan Koperasi
JAWA BARAT   Oct 18, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik