Kamis, 28 Maret 2024

ASN Harus Siap Berikan Informasi Publik yang Dibutuhkan Masyarakat

PENDIDIKAN   Jan 31, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.515 Kali


54PPID.jpeg


Rapat Koordinasi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID)

CIKARANG UTARA - Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap memberikan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat, serta memberikan pelayanan informasi yang cepat, tepat dan akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. 

Hal tersebut sesuai amanat Undang- Undang No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang standar layanan informasi publik serta Nomor 1 Tahun 2013 tentang prosedur penyelesaian sengketa informasi publik. 

Demikian disampaikan Kabag Humas & Protokol Surya Wijaya, yang dalam hal ini mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, pada acara Rapat Koordinasi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Hotel Grand Cikarang Jababeka Cikarang Utara, Kamis (30/1).

Disamping itu, lanjut Surya kita sebagai pelayan publik harus benar-benar mampu melaksanakan pelayanan sesuai standar layanan informasi yang sudah diatur dalam perundang undangan yang berlaku 

"Untuk itu saya berharap para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan dapat diterapkan dalam pelaksanaan pelayanan permohonan informasi di masing masing perangkat daerahnya," jelasnya. 

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Sub Bagian Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Yanuar menjelaskan, tujuan diadakannya rakor tersebut untuk meningkatkan pelayanan informasi publik kearah yang lebih baik, berkualitas dan profesional 

"Dimana didalam rakor ini materi yang akan disajikan oleh narasumber lebih banyak bersifat teknis operasional yang bisa diterapkan di masing-masing Daerah," ungkapnya. 

Yanuar menambahkan, proses  permohonan informasi publik serta pengaduan masyarakat bisa melalui PPID Pembantu dan PPID Utama. 

"Dimana dalam menyampaikan berbagai masukan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, tentunya harus dapat kita respon dan layani dengan cepat dan tepat karena sebagai badan publik kita mempunyai kewajiban untuk memberikan informasi atas permohonan yang diajukan masyarakat," ujarnya.

Kegiatan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) tersebut diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari perwakilan Kepala Sekolah Dasar (SD) dan juga Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Bekasi.

Reporter : Muhamad Ikbal

Editor     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Komisi X DPR RI Apresiasi Pemkab Bekasi Tangani dan Cegah Bullying di Sekolah
PENDIDIKAN   Mar 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ratusan Pelajar SD Ikuti Lomba FLS2N Tingkat Kecamatan Cikarang Utara
PENDIDIKAN   Mar 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Polsek Cibarusah Gandeng Sekolah Antisipasi Kenakalan Pelajar
PENDIDIKAN   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tumbuhkan Minat Baca, SMAN 1 Sukakarya Gelar Kegiatan Literasi Dua Kali dalam Sepekan
PENDIDIKAN   Feb 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
17 Peserta dari Sekolah Terpilih, Ikuti Pameran Literasi Kabupaten Bekasi
PENDIDIKAN   Feb 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik