Sabtu, 20 April 2024

Kadinkes Minta Warga Waspadai Gejala Virus Corona

JAWA BARAT   Jan 27, 2020  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.668 Kali


11dr Sri Enny.JPG


CIKARANG PUSAT- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dr Sri Enny menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terkait merebaknya Virus Corona terutama bagi warga yang habis dan akan bepergian ke luar negeri.

Hal tersebut disampaikannya usai talkshow menyampaikan program Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi di Radio Wibawa Mukti, Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Kecamatan Cikarang Pusat pada Senin (27/01/2020).

"Umumnya yang menjadi pembeda mungkin perlu diwaspadai bagi mereka yang baru berpergian dari luar negeri. Karena virus ini bisa terjangkit ketika baru pulang dari daerah terjangkit," ujar wanita berkaca mata ini.

Ia juga meminta masyarakat menjaga pola hidup bersih dan memperhatikan nutrisi makanan agar ketahanan tubuh kuat, serta menjaga etika saat bersin atau batuk untuk meminimalisir potensi terinfeksi virus corona.

"Virus itu tidak akan  masuk kalau tubuh kita kuat. Maka sebaiknya kita tetap mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga teratur serta istirahat yang cukup. Terus kalau bersin atau batuk ditutup dan jangan diarahkan ke orang," tambah dia.

Disampaikannya gejala ringan orang yang diduga alias suspect virus ini yaitu flu disertai batuk. Kemudian, jika memberat, akan menyebabkan demam dan infeksi radang tenggorokan. Virus makin berbahaya jika telah masuk dan merusak fungsi paru-paru, atau dikenal dengan sebutan Pneumonia

“Sebisa mungkin tidak batuk sembarangan, menggunakan masker dan berhati-hati serta menjaga kondisi fisik sebaik mungkin,” jelasnya.

Dikatakannya jika memang mengalami kontak dengan orang yang terkena virus ini dan mendapati gejala seperti diatas harus dicurigai dan segera melapor.

“Ini kan mirip serti Virus SARS masa inkubasinya selama dua minggu atau selama empat belas hari. Segera melapor ke nomor 0813 1058 1165(Dra Lies Kartika, Kepala Seksi Survielans dan Imunisasi) atau ke nomor 0858 17417568 (Andi Suhandi, Pengelola Program Surveilans) dan bisa juga menghubungi 0878 7775 8566 (Emiawati, Pengelola program Hepatitis dan PISP),”terangnya.

Reporter : Himawan Abror

Editor     : Tata Jaelani

Berita Lainnya

BMKG Imbau Masyarakat Jawa Barat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem pada 18-24 April 2024
JAWA BARAT   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran Tingkat Jawa Barat
JAWA BARAT   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Beras Jabar Aman
JAWA BARAT   Nov 8, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PWNU Jabar Apresiasi PCNU Kabupaten Bekasi Kembangkan Pendidikan dan Koperasi
JAWA BARAT   Oct 18, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Wajib Belajar 12 Tahun, Bey Machmudin Pastikan SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bekasi Gratis
JAWA BARAT   Oct 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik