Kadinkes Minta Warga Waspadai Gejala Virus Corona

Kadinkes Minta Warga Waspadai Gejala Virus Corona


TerasKreasi.com
Kadisnkes Kabupaten Bekasi, dr Sri Enny

CIKARANG PUSAT- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dr Sri Enny menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terkait merebaknya Virus Corona terutama bagi warga yang habis dan akan bepergian ke luar negeri.

Hal tersebut disampaikannya usai talkshow menyampaikan program Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi di Radio Wibawa Mukti, Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Kecamatan Cikarang Pusat pada Senin (27/01/2020).

"Umumnya yang menjadi pembeda mungkin perlu diwaspadai bagi mereka yang baru berpergian dari luar negeri. Karena virus ini bisa terjangkit ketika baru pulang dari daerah terjangkit," ujar wanita berkaca mata ini.

Ia juga meminta masyarakat menjaga pola hidup bersih dan memperhatikan nutrisi makanan agar ketahanan tubuh kuat, serta menjaga etika saat bersin atau batuk untuk meminimalisir potensi terinfeksi virus corona.

"Virus itu tidak akan  masuk kalau tubuh kita kuat. Maka sebaiknya kita tetap mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga teratur serta istirahat yang cukup. Terus kalau bersin atau batuk ditutup dan jangan diarahkan ke orang," tambah dia.

Disampaikannya gejala ringan orang yang diduga alias suspect virus ini yaitu flu disertai batuk. Kemudian, jika memberat, akan menyebabkan demam dan infeksi radang tenggorokan. Virus makin berbahaya jika telah masuk dan merusak fungsi paru-paru, atau dikenal dengan sebutan Pneumonia

“Sebisa mungkin tidak batuk sembarangan, menggunakan masker dan berhati-hati serta menjaga kondisi fisik sebaik mungkin,” jelasnya.

Dikatakannya jika memang mengalami kontak dengan orang yang terkena virus ini dan mendapati gejala seperti diatas harus dicurigai dan segera melapor.

“Ini kan mirip serti Virus SARS masa inkubasinya selama dua minggu atau selama empat belas hari. Segera melapor ke nomor 0813 1058 1165(Dra Lies Kartika, Kepala Seksi Survielans dan Imunisasi) atau ke nomor 0858 17417568 (Andi Suhandi, Pengelola Program Surveilans) dan bisa juga menghubungi 0878 7775 8566 (Emiawati, Pengelola program Hepatitis dan PISP),”terangnya. (taj)

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top