HARAPKAN DINAS PERTANIAN MEMBANGUN RUMAH POMPA
Kepala Desa Jayalaksana, Irwansyah

HARAPKAN DINAS PERTANIAN MEMBANGUN RUMAH POMPA


TerasKreasi.com

Cabang Bungin, bekasikab.go.id
 
 
Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional dan mewujudkan keinginan Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja, SH. Untuk mempertahankan Kabupaten Bekasi sebagai salah satu lumbung padi nasional. Pemerintah Desa Jayalaksana berencana membangun rumah pompa untuk mengairi area persawahan seluas 400 hektare di wilayah desanya. 
 
"Usulan pembangunan Rumah Pompa sudah sering kami masukan dalam Musyawarah Pembangunan Desa (Musrembangdes). Tapi hingga kini belum ada realisasinya." Keluh Irwansyah Kepala Desa Jayalaksana kepada bekasikab.go.id saat ditemui dirumah kediamannya. Rabu, 04 Desember 2019
 
Area persawahan warga desa Jayalaksana saat ini menggunakan sistem irigasi dari Kecamatan Pebayuran. Sehingga pasokan air ke area persawahan di Desa Jayalaksana tergantung debit air yang mengalir dari Pebayuran.
 
"Kadang air tidak sampai ke Desa Jayalaksana. Yang mengakibatkan gagal panen karena kekurangan pasokan Air."  Lanjut Kades Jayalaksana.
 
"Kami berharap, Pemda Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian. Berkenan membangun rumah pompa di Desa Jayalaksana dengan sumber air dari Sungai Citarum atau Sungai Ciherang untuk mengairi area persawahan di desa kami." Harap Irwansyah.
 
Menurutnya, dengan sistem irigasi saat ini. Bisa panen satu tahun sekali saja sudah suatu keberkahan. Karena yang sering dialami oleh petani di Desa Jayalaksana adalah gagal panen karena pasukan air yang kurang.
 
Dipaparkan oleh Kades, bahwa dalam satu hektar sawah di Desanya. Dapat menghasilkan gabah 6 - 8 ton sekali panen.
 
"Dengan rumah pompa, kami berharap selain tidak adalagi derita gagal panen karena pasokan air yang kurang. Panen padipun bisa 2 - 3 kali dalam setahun." Tegas Irwansyah.

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top