Diskominfosantik Siap Dukung Program Digitalisasi Sekolah

Diskominfosantik Siap Dukung Program Digitalisasi Sekolah


TerasKreasi.com
Digitalisasi Sekolah (ilustrasi)

Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosantik)  Kabupaten Bekasi siap mendukung dan mengapresiasi program Digitalisasi Sekolah yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Jaringan fiber optik kita sudah menyebar di semua kecamatan,  sehingga fasilitas Internet juga bisa dimanfaatkan seluruh sekolah di Kabupaten Bekasi,"  ujar Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi,  H. Rohim Sutisna.

Rohim yang pernah cukup lama menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi ini, mengakui, salah satu tantangan dunia pendidikan saat ini adalah pendidikan karakter, dan perkembangan teknologi informasi yang harus diimbangi keahlian dan kemampuan.

Sementara itu untuk memastikan penggunaan sarana pembelajaran berfungsi dengan baik dengan adanya program Digitalisasi Sekolah, pastinya perlu ketersediaan jaringan internet.  Namun untuk Kabupaten Bekasi yang sudah sejak tiga tahun lalu memiliki jaringan internet melalui fiber/serat optik,  hal tersebut tidak lagi menjadi masalah.

Untuk diketahui,  program Digitalisasi Sekolah merupakan terobosan baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mempermudah proses belajar mengajar.

“Guru dan siswa makin mudah mengakses bahan ajar. Guru, siswa kepala sekolah dan unsur pendidikan juga bisa mengaksesnya. Selain itu, komunitas guru bisa bekerja sama membuat materi bahan ajar digital, membuat tes ujian harian secara bersama-sama, baik di luar jaringan atau offline maupun dalam jaringan atau online,” tutur Sekretaris Jenderal Kemendikbud,  Didik Suhardi.

Program digitalisasi sekolah yang diluncurkan Kemendikbud, tidak akan menghilangkan proses pembelajaran dengan tatap muka. Pembelajaran dengan tatap muka antara guru dan siswa di kelas tetap penting dan tidak tergantikan, malah akan diperkaya dengan konten-konten digital.(ugm)-editor: agus suzana
 

 

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top