Jumat, 29 Maret 2024

Dukung Program Smart Village

JAWA BARAT   Oct 18, 2019  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.372 Kali


96_20191018_123602.JPG


Diskominfosantik Akan Tarik Fiber Optik Ke 9 Desa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Bekasi pada 2020 mendatang akan menarik Fiber Optik ke sembilan desa. Hal ini ujar Kepala Seksi Infrastruktur TIK pada Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosantik)  Kabupaten Bekasi,  Hidayatul Mutaqien, merupakan bentuk dukungan dan apresiasi Diskominfosantik terhadap program 'smart Village ' yang digagas Bupati Bekasi H.Eka Supria Atmaja. 
 
Smart village atau kampung cerdas, ujar Mutaqien, akan mendesain desa sebagai pusat kreativitas warga yang menggabungkan antara kegiatan ekonomi produktif dan kreatif, peningkatan pendidikan dan kesehatan, serta upaya pengentasan kemiskinan.
 
Karenanya,  lanjut Mutaqien,  dengan  kampung cerdas ini, peran pemerintah desa bisa lebih dioptimalkan agar dapat mengelola sumberdaya desanya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.
 
Konsep Smart Village,  tutur Mutaqien,  dibutuhkan agar desa mampu mengetahui permasalahan yang ada di dalamnya (sensing), memahami kondisi permasalahan tersebut (understanding), dan dapat mengatur (controlling) berbagai sumber daya yang ada untuk digunakan secara efektif dan efisien dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya.
 
"Kami dari Diskominfosantik sesuai dengan tupoksi, menyiapkan infrastruktur TIK -nya, antaranya penarikan Fiber Optik ke desa-desa yang telah diprogramkan dalam 'smart city',"  ujar Mutaqien. 
 
Dengan tersambungnya Fiber Optik sampai ke desa, tegas Mutaqien,  tentunya akan tersedia jaringan internet gratis di desa-desa dimaksud. 
 
Mutaqien juga menjelaskan,  bahwa 'smart city ' juga bagian dari program 'Bersekah' (Bersih, Sehat, Berkah) yang sudah lebih dulu ada.
 
Adapun ke sembilan desa yang akan 'dimasuki' jaringan Fiber Optik tersebut masing-masing adalah Desa Waluya, Simpangan, Mekar Mukti, Karangbaru (Kecamatan Cikarang Utara), Desa Tridaya Sakti, Mangunjaya (Tambun Selatan),  Desa Cibuntu (Cikarang Barat)  serta Desa Hegarmukti dan Cicau (Cikarang Pusat). (agus suzana) 
 

Berita Lainnya

Dani Ramdan Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran Tingkat Jawa Barat
JAWA BARAT   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Beras Jabar Aman
JAWA BARAT   Nov 8, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PWNU Jabar Apresiasi PCNU Kabupaten Bekasi Kembangkan Pendidikan dan Koperasi
JAWA BARAT   Oct 18, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Wajib Belajar 12 Tahun, Bey Machmudin Pastikan SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bekasi Gratis
JAWA BARAT   Oct 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diikuti 2.097 Peserta, West Java Festival sebagai Ajang Perpisahan Kang Emil
JAWA BARAT   Sep 4, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik