TEGAKAN ATURAN TAMU WAJIB LAPOR
berita daerah

TEGAKAN ATURAN TAMU WAJIB LAPOR


bekasikab.go.id

Tambun Selatan, bekasikab.go.id


Untuk mencegah Kecamatan Tambun Selatan menjadi sarang pelaku terorisme. Musyawarah Pimpinan Kecamatan (MUSPIKA) Tambun Selatan menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Terorisme di Kantor Kecamatan Tambun Selatan. Kamis, 17 Oktober 2019.

Rapat yang dihadiri oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL), Aat Baihaty, Kepala Bagian Operasi (Kabag OPS) Polres Metro Jaya Kabupaten Bekasi, Kapolsek Tambun, Danramil Tambun, Kepala Desa Setia Mekar beserta jajaran RW 04 Desa Setia Mekar. Menghasilkan keputusan untuk melaksanakan pencegahan terorisme atau radikalisme bersama - sama masyarakat.

"Kita akan aktifkan kembali, 1 x 24 jam tamu wajib lapor." Ujar Aat Baihaty, Kepala Kesbangpol Kab. Bekasi kepada Bekasikab.go.id yang menemuinya usai rapat koordinasi.

Menurutnya, pencegahan radikalisme dan terorisme bisa dicegah sejak dini apabila masyarakat memiliki kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan menggalakan kembali Tamu wajib lapor.

Senada dengan Kepala Kesbangpol. Camat Tambun Selatan, H. Iman  Santoso juga mengharapkan peran aktif masyarakat untuk menanggulangi faham - faham radikal dan terorisme.

"Selama ini, Tamu wajib lapor 1 x 24 jam. Hanya sebagai tempelan dirumah saja. Untuk kedepannya, kami berharap, pengurus RT dan RW beserta masyarakat mau melaksanakan penegakan aturan tersebut." Ujar Iman Santoso.

Selain menegakkan aturan, peran  serta RT/RW dalam menjalankan fungsinya mendata warganya juga harus dilakukan. Khususnya rumah-rumah kontrakan atau kos-kosan. Jika ada indikasi yang mencurigakan, bisa dilaporkan kepada tiga pilar yang ada di desa. Seperti Kepala Desa, Babinsa maupun Bimaspol.

"Kami, jajaran muspika telah melakukan sosialisasi baik formal maupun nonformal ke lokasi-lokasi rumah-rumah kontrakan. Dan tadi pagi, kami melakukannya di RW 10 Kelurahan Jati Mulya." Ujar Iman Santoso.

Iman berharap terjadi sinergitas antara muspika, Kepala Desa, BPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dalam menjaga kondusifitas keamanan.

"Bukan hanya jelang pelantikan Presiden. Tapi untuk selama-lamanya." Harap Iman Santoso.

Aat Baihaty, Kepala Badan Kesbangpol

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top