POSYANTEK SEBAGAI SARANA MENGGALI POTENSI EKONOMI DAERAH
berita daerah

POSYANTEK SEBAGAI SARANA MENGGALI POTENSI EKONOMI DAERAH


bekasikab.go.id

Cikarang Utara, Bekasikab.go.id


Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi. Menyelenggarakan pembentukan Pos Pelayanan dan Teknologi (Posyantek). Untuk 17 Kecamatan yang belum memiliki Posyantek.

Dijelaskan oleh H. Sugiyana, SE, MM, Kepala Bidang Penguatan Kelembagaan pada DPMD Kab. Bekasi. Sebanyak enam Kecamatan sudah terbentuk Posyantek. Yang telah berhasil memberikan penggalian potensi daerah (Kecamatan). Dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Diharapkan Posyantek yang didirikan dapat berkembang serta dapat mendirikan WARPOSTEK didesa-desa wilayah kecamatan setempat." Ujar Sugiyana kepada bekasikab.go
Id. Rabu, 15 Oktober 2019.

Kegiatan yang digelar di hotel Grand Cikarang ini. Dihadiri oleh peserta utusan dari 17 Kecamatan, yang belum terbentuk pengurus POSYANTEK. Untuk selanjutnya diberikan pengarahan untuk pemetaan potensi ekonomi berdasarkan kondisi daerah.

"Jadi, masing-masing Posyantek akan berbeda pelayanan usaha yang dikembangkan maupun teknologinya." Ujar Sugiyana.

Menurut Sugiyana, potensi ekonomi kecamatan-kecamatan yang ada di Kab. Bekasi sangat berbeda-beda. Kecamatan yang berada di wilayah utara mayoritas daerah pertanian. Sedangkan diwilayah selatan lebih banyak daerah pabrikan atau kawasan industri.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana Posyantek dapat segara mendapatkan hibah peralatan untuk menunjang kegiatan. Sekarang sudah tidak ada lagi. Hal ini karena adanya peraturan dari kementerian yang tidak bisa memberikan hibah kepada posyantek yang akan didirikan.

"Hibah akan diberikan apabila posyantek telah berjalan. Dan adanya kemajuan dalam mengembangkan potensi daerah. Namun sebelumnya posyantek tersebut mengajukan proposal permohonan hibah." Lanjut Sugiyana.

Usai melakukan pengarahan di Hotel Grand Cikarang. Peserta akan dibawa ke Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB)  yang berada di Kawasan Delta Mas, Cikarang Pusat. Untuk melihat-lihat penerapan teknologi yang dilaksanakan di ITSB.

"Kami berharap, dengan didirikan posyantek. Potensi daerah dapat tergali, penerapan teknologi tepat guna juga bisa diterapkan di desa-desa dan terbentuknya inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan potensi daerah." Harap H. Sugiyana, SE, MM Kabid Penguatan Kelembagaan DPMD Kab. Bekasi.

H. Sugiyana, SE, MM. Kabid Penguatan Kelembagaan DPMD Kab. Bekasi

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top