160 Desa di Kabupaten Bekasi Sudah Memiliki BUMDes

160 Desa di Kabupaten Bekasi Sudah Memiliki BUMDes


bekasikab.go.id
Harry Ubayana

Cikarang Pusat (bekasikab.go.id) -Dari 180 desa di Kabupaten Bekasi, 120  desa diantaranya telah memiliki BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). BUMDes -BUMDes tersebut,  ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat (PSEM) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  Kabupaten Bekasi,  Hari Ubayana,  sudah aktif bergerak dalam rangka pemberdayaan ekonomi rakyat. 
 
Hari kepada bekasikab.go.id,  Rabu (8/10) mengatakan,  untuk bergeraknya BUMDes memang harus ada penyertaan modal dari kepala desa.
 
Untuk desa-desa yang infrastruktur di desanya sudah bagus,  bisa saja dana untuk penyertaan modalnya lebih besar,  karena dana desa tidak akan terlalu besar alokasinya untuk pembangunan infrastruktur. 
 
Karenanya, ujar Hari, kepala desa juga disarankan untuk mengalokasikan modal dari anggaran dana desa untuk pembuatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
 
Apalagi,  lanjutnya,  Undang-Undang Nomor  06 Tahun 2014 tentang Desa, mengamanahkan,  bahwa tiap desa wajib memiliki BUMDes.
 
Di Kabupaten Bekasi, dari 180 desa, hanya 20 desa yang sudah memiliki BUMDes.
 
"Dengan adanya BUMDes tentunya ekonomi rakyat bisa bergerak yang tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa bersangkutan," ujar Hari.
 
Di sisi lain,  terhadap desa yang belum memiliki BUMDes,  pihak DPMD Kabupaten Bekasi,  jelas Hari, tak henti-hentinya mengimbau para kepala desanya untuk segera membentuknya. (agus suzana) 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
*

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top