Pemkab Bekasi Akan Bangun Alun-Alun
Evi Mutia: Sedang Tahap Studi Kelayakan

Pemkab Bekasi Akan Bangun Alun-Alun


bekasikab.go.id
Evi Mutia, ST

Cikarang Pusat (bekasikab.go.id) -Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Bekasi untuk membangun alun-alun, mulai dirintis tahun ini, dimulai dengan dilakukannya fasibility study (studi kelayakan). 
 
"Ya, sedang dilakukan studi kelayakan untuk menentukan di mana lokasi untuk pembangunan alun-alun tersebut,"  ujar Kepala Sub Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bappeda Kabupaten Bekasi,  Evi Mutia, ST, kepada bekasikab.go.id,  Rabu (8/10) di ruang kerjanya. 
 
Salah satu hal penting untuk menentukan lokasi alun-alun,  sebut Evi, sesuai ketentuan adalah di pusat kota Kabupaten Bekasi. Pusat kota itu, terangnya, adalah lima wilayah di Cikarang,  masing-masing Cikarang Utara,  Cikarang Selatan,  Cikarang Barat, Cikarang Timur dan Cikarang Pusat. 
 
Selain itu, tentunya infrastruktur jalan ke titik lokasi alun-alun dimaksud sudah tersedia dan terhubung dengan wilayah kecamatan lainnya. 
 
Kebutuhan lahan untuk alun-alun tersebut,  diperkirakan sekitar dua hektar. 
 
"Namun memang cukup sulit mencari lahan sekitar dua hektar di tengah kota saat ini lantaran pemakaian lahan untuk kepentingan swasta selama ini cukup besar,"  tegas wanita yang sudah 14 tahun ini berkiprah di Bappeda Kabupaten Bekasi. 
 
Alun-alun yang akan dibangun itu, selain Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang luas, juga ada bangunan pemerintahan di sekitarnya. 
 
Seyogyanya yang namanya alun-alun memang ada kantor bupati atau walikota dan mesjid agung seperti yang ada di beberapa daerah di Indonesia.  Akan tetapi karena kantor bupati sudah ada terlebih dahulu,  bangunan pemerintahan yang nanti akan dibangun di sekitar alun-alun,  bisa untuk kepentingan lain, semisal gedung perpustakaan. 
 
Terkait dana untuk pembangunan alun-alun, ujar Evi,  untuk pembebasan lahannya oleh Pemkab Bekasi,  sedangkan pembangunan fisiknya melalui APBD Provinsi Jawa Barat. (agus suzana) 
 
 
 
 
 

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top