Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Membentang Sepanjang 36,4 KM

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Membentang Sepanjang 36,4 KM


bekasikab.go.id

"Pernah menyusuri jalan darat Jakarta ke Bandung atau sebaliknya melalui jalan tol Cikampek hari-hari ini? Macet, bukan? Ya, harap dimaklumi. Di jalur itu, lalu-lintas jalan tol agak terganggu oleh pekerjaan besar yang sedang kita laksanakan yakni pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II, Kereta Cepat Jakarta Bandung, dan kereta ringan LRT Jabodetabek."

Kalimat tersebut ada pada instagram Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Ahad, 22 September 2019.

Menurut Jokowi,   pembangunan infrastruktur itu telah membuat kemacetan di wilayah tersebut. 

Karenanya dia berharap,  saat Japek II beroperasi nanti, kemacetan panjang di sepanjang Jalan Tol Jakarta- Cikampek akan berkurang jauh. Adapun menurut dia, Japek II adalah jalan tol sekaligus jembatan terpanjang di Indonesia.

Jalannya, kata Jokowi, membentang sepanjang 36,4 kilometer, seluruhnya berupa konstruksi layang yang ditunjang 9 ribu tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat.

“Jika tak ada aral melintang, Japek II ini akan beroperasi pada akhir November 2019 dan bisa dilewati kendaraan para pemudik Natal dan tahun baru 2020," ujarnya.

Saat ini, kata dia, pekerjaan Japek II sudah mencapai 96,5 persen. Hari Senin besok, uji beban menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton digelar di atas Japek II. (us)-editor: agus suzana

Tag:    daerah  |  nasional  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top