Kemenpan-RB Dorong ASN Tingkatkan Disiplin

Kemenpan-RB Dorong ASN Tingkatkan Disiplin


TerasKreasi.com
Ilustrasi

 
Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) terus berupaya meningkatkan kedisiplinan dan pembinaan integritas ASN dengan menerbitkan berbagai kebijakan. Sebab, kedisiplinan ASN merupakan syarat penting dalam peningkatan pelayanan terhadap publik. 
 
Dengan mendorong kedisiplinan, diharapkan akan berpengaruh pada kualitas ASN dan menciptakan birokrasi yang bersih dari KKN. 
 
“Menuju Indonesia Emas 2045, pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur guna mendukung terwujudnya birokrasi yang bebas dari KKN,” ujar Sekretaris Kedeputian SDM Aparatur Kementerian PANRB, Rabu (18/09).
 
Penegakan disiplin dan integritas ASN merupakan salah satu fokus dalam manajemen ASN. Hal tersebut tertuang dalam Grand Design Pembangunan ASN 2020-2024 yakni Strategi Manajemen Human Capital ASN. Selain itu, juga berdasarkan pada UU No. 5/2014 tentang ASN beserta aturan turunannya, yakni PP 11/2017 tentang Manajemen PNS dan PP 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.
 
Kebijakan-kebijakan terkait pembinaan integritas dan penegakan disiplin dikoordinasikan dengan instansi pemerintah dalam bentuk sosialisasi, monitoring dan evaluasi, serta berupa uji publik terhadap kebijakan-kebijakan yang sedang dirumuskan.
 
Berbagai upaya itu membuahkan hasil yang terlihat pada Government Effectiveness Index Indonesia yang semakin membaik. Pada tahun 2016/2017 nilai Government Effectiveness Index Indonesia adalah 46 (skala 0-100) dan berada pada peringkat 121. Kemudian pada tahun 2017/2018 nilainya meningkat tajam menjadi 53 dan berada pada peringkat 98 atau meningkat 23 peringkat.(yud)

Tag:    nasional  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

/* */
Top