Diskominfosantik gelar Pelatihan TIK bagi ASN

Diskominfosantik gelar Pelatihan TIK bagi ASN


bekasikab.go.id
Peserta Pelatihan TIK

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan internet yang demikian pusat, semakin membuat kesan 'dunia' dalam genggaman. Di sisi lain, aparatur sipil negara (ASN) mau tidak mau dituntut untuk menguasai TIK agar tidak Gaptek alias gagap teknologi. 
 
Atas dasar itulah Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) menggelar Pelatihan TIK, khususnya dalam hal pengelolaan webserver, mailserver dan e-cloud, 27-29 Agustus di sebuah hotel di Cikarang. 
 
Tujuan diselenggarakannya Pelatihan TIK ini menurut Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi,  antaranya agar ASN dapat memahami dan mengelola webserver, mailserver dan e-cloud,  karena kebutuhan Perangkat Daerah (PD) terhadap hal tersebut menjadi sebuah keniscayaan.  
 
Pelatihan TIK menghadirkan pakar yang ahli dalam bidangnya sebagai nara sumber.
 
Pelatihan TIK dilakukan dua hari,  masing-masing sehari khusus untuk ASN Diskominfosantik dan satu harinya untuk Perangkat Daerah lainnya,  khususnya yang dalam kinerjanya banyak menggunakan aplikasi TIK atau pelayanan on line
 
Apa itu web server,  mail server dan e-cloud? 
 
Yang dimaksud dengan web server menurut wiklipedia adalah peladen web yang bisa merujuk pada perangkat hardware ataupun software yang menyediakan layanan pada user melalui protokol HTTP atau HTTPS atas file-file yang ada pada suatu situs web dalam layanan ke user dengan memakai aplikasi pembuka web.
 
Kemudian yang dimaksudkan dengan mail server adalah software yang mendistribusikan file atau informasi sebagai permintaan yang dikirim melalui email. Mail server digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan berupa FTP. Mail server juga dapat dikatakan sebagai aplikasi yang digunakan untuk penginstalan email.
 
Sementara itu yang dimaksudkan dengan e-cloud adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet .(august suzana) 

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top