Selasa, 19 Maret 2024

TANDA TANGANI MoU DENGAN KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

JAWA BARAT   Aug 21, 2019  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.464 Kali


30IMG-20190821-WA0057.jpg


H. Eka Supria Atmaja SH. Bupati Bekasi
Jakarta, Bekasikab.go.id
 
 
Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Program Pengelolaan Sampah di DAS Citarum bertempat di Hotel Gran Melia Jakarta, (21/8).
 
Melalui kesepahaman ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi nantinya akan mendapatkan bantuan berupa Pendirian Fasilitas Pusat Daur Ulang Sampah dengan Kapasitas 10 ton/hari serta Fasilitas Pengomposan dengan Kapasitas 10-30 ton/hari yang rencananya akan dibangun di wilayah Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara.
 
Selain itu, dengan kerjasama ini Pemerintah Kabupaten Bekasi juga akan mendapatkan bantuan berupa Alat Biodogester berkapasitas 1 ton/hari dan 5 Unit Motor Sampah Roda Tiga.
 
Dirjen Pengelolaan Sampah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Rosa Vivien Ratnawati menyampaikan bahwa program kerjasama ini merupakan Implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.
 
" Ini adalah tugas Kemen LHK dalam mempercepat pelaksanaan dan keberlanjutan kebijakan Pengendalian DAS Citarum melalui Operasi Pencegahan, Penanggulangan Pencemaran dan Kerusakan serta Pemulihan DAS Citarum" Ucapnya Rosa.
 
Selain itu dirinya juga kepada Pemerintah Daerah yang telah mendapatkan bantuan  Fasilitas Pengelolaan Sampah melalui Nota Kesepahaman ini agar dapat memanfaatkan betul apa yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat. "Semoga dengan adanya fasilitas tersebut seluruh masyarakat turut berpartisipasi dengan carab yang paling mudah dan sederhana, mulai dari diri sendiri untuk mengurangi timbunan sampah." Tutupnya.
 
Sementara itu, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang hadir langsung dalam acara tersebut menyampaikan terimakasihnya atas bantuan dan kerjasama yang dilakukan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Dirinya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung upaya yang dilakukan secara bersama dan terintegrasi baik oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta masyarakat.
 
"Sesuai dengan program prioritas kami dalam membangun Bekasi Baru Bekasi Bersih tentu hal ini merupakan sebuah langkah yang akan kita dukung dan akan kita jalankan bersama sama" Tegas Eka.
 
Dirinya juga mengatakan bahwa jajarannya telah menyiapkan langkah langkah strategis dalam hal pengelolaan sampah khususnya di wilayah DAS Citarum salah satunya dengan meningkatkatkan partisipasi masyarakat dalam mengolah serta memilah sampah sehingga dapat dimanfaatkan kembali, dan sisanya dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah.
 
Selain Pemerintah Kabupaten Bekasi, Penandatangan Kesepahamanan dan Kerjasama Fasilitas Pengelolaan Sampah juga dihadiri 4 Kabupaten lainnya diantaranya Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu.

Berita Lainnya

Dani Ramdan Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran Tingkat Jawa Barat
JAWA BARAT   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Beras Jabar Aman
JAWA BARAT   Nov 8, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PWNU Jabar Apresiasi PCNU Kabupaten Bekasi Kembangkan Pendidikan dan Koperasi
JAWA BARAT   Oct 18, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Wajib Belajar 12 Tahun, Bey Machmudin Pastikan SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bekasi Gratis
JAWA BARAT   Oct 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Diikuti 2.097 Peserta, West Java Festival sebagai Ajang Perpisahan Kang Emil
JAWA BARAT   Sep 4, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik