Lurah Sertajaya berharap Karang Taruna dan LPM dilibatkan dalam pengelolaan Dana CSR
Wilayahnya dikelilingi perusahaan dan industri

Lurah Sertajaya berharap Karang Taruna dan LPM dilibatkan dalam pengelolaan Dana CSR


bekasikab.go.id
Hendra Sugiarta, Lurah Sertajaya

Banyaknya perusahaan atau industri di wilayah Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Utara, ternyata tidak serta merta masyarakat kelurahan tersebut mendapatkan pembangunan ataupun kegiatan sosial melalui Dana CSR ( Corporate Social Responsibility) secara memadai. 
 
Padahal,  terang Lurah Sertajaya, Hendra Sugiarta, CSR adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. 
 
Untuk itu, kedepannya,  lurah yang merupakan putra asli Rawa Banteng,  Kelurahan Sertajaya itu, berharap Karang Taruna atau LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat)  Kelurahan Sertajaya bisa dilibatkan dalam pengelolaan Dana CSR dari perusahaan atau industri di wilayahnya.aaa
 
Hendra yakin, pembangunan atau kegiatan sosial melalui Dana CSR oleh Karang Taruna atau LPM, akan lebih maksimal hasilnya karena mereka punya rasa memiliki (sense of belonging) terhadap kegiatan pembangunan atau kegiatan sosial yang dilakukannya.
 
Jadi,  kalau saja perusahaan tetap pada komitmennya menyalurkan 2 persen dananya melalui CSR, Lurah Hendra yakin masyarakat Sertajaya akan semakin sejahtera. Apalagi Dana CSR itu dikelola oleh masyarakat sendiri melalui Karang Taruna atau LPM. 
 
Dipaparkan Hendra, Sertajaya yang berpenduduk 17.000 jiwa dengan 11 RW dan 45 RT, meskipun statusnya kelurahan,  namun tingkat keguyuban sosialnya masih sangat tinggi,  sama halnya dengan masyarakat pedesaan.
 
Hendra memberi contoh pada setiap hari besar agama semisal Maulid Nabi, Isra Miraj atau hari besar negara seperti "tujuhbelasan", masyarakat bersama kelurahan selalu menyelenggarakannya secara meriah.
 
Pada HUT RI tahun ini misalnya,  persis pada Sabtu (17/8/2019 ) malam,  masyarakat seperti biasa,  kembali menyelenggarakan pagelaran wayang golek semalam suntuk. Di saat-saat itulah lurah berharap CSR "ikut hadir" di dalamnya. (fikar)  editor: august suzana

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top