DPPKB terus bangun sinergitas lintas sektoral
"Menjadi cita-cita bersama, kelak semua desa di Kabupaten Bekasi punya Kampung KB"

DPPKB terus bangun sinergitas lintas sektoral


bekasikab.go.id
Dra Hj Rusgiyat Asianti, M.Si

 
Menjadi prioritas kegiatan dan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 Kabupaten Bekasi,  pembangunan Kampung KB di Kabupaten Bekasi terus menggeliat.  Apalagi,  Kampung KB sudah dicanangkan oleh Bapak Presiden RI (Ir.Joko Widodo) pada Januari 2016 lalu.
 
Saat ini, sebut Kepala Bidang Kesejahteraan dan Ketahanan no Keluarga pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bekasi, Dra Hj Rusgiyat Asianti, M.Si, sudah semua kecamatan di Kabupaten Bekasi mempunyai Kampung KB.
 
Menurut wanita yang biasa dipanggil Yanti ini, Kampung KB ini sejatinya "program keroyokan" lintas sektoral semua Perangkat Daerah. 
 
Jadi, tidak lantas lantaran sebutannya Kampung KB menjadi program DPPKB sendiri. 
 
Terkait hal tersebut,  papar Yanti,  sinergitas dengan semua Perangkat Daerah terus dibangun dan ditingkatkan agar keberadaan Kampung KB lebih dirasakan manfaatnya demi terciptanya masyarakat yang sejahtera.
 
Itu lantaran salah satu tujuan didirikannya Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.
 
Oleh karenanya,  sebut Yanti, pembangunan ataupun Keberadaan Kampung KB membutuhkan peranan aktif dari seluruh masyarakat di berbagai lapisan. Termasuk juga membangun sinergitas dengan lintas sektoral.
 
Sinergitas yang telah dibangun,  lanjut Yanti, misalnya dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah membangun jalan lingkungan (Jaling)  di lokasi Kampung KB.
 
Sinergitas lain yang ingin dibangun,  terang Yanti, misalnya dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terkait kemungkinan bisanya pemanfaatan dana desa dari pemerintah pusat  disinergikan dengan program pembangunan Kampung KB.
 
Apalagi, lanjutnya, program dalam Kampung KB sangat luas, seperti program sanitasi, penyuluhan bahaya narkoba, bahaya HIV/AIDS, peningkatan gizi, ketahanan dan kesejahteraan keluarga, serta program peningkatan ekonomi keluarga.
 
Mengingat begitu banyaknya program dalam Kampung KB, pihak DPPKB akan menjalin komunikasi dengan DPMD terkait kemungkinan  penggunaan dana desa bisa disinergikan dengan program Kampung KB.
 
"Adalah cita-cita kita bersama agar kelak di setiap desa di Kabupaten Bekasi memiliki Kampung KB. (august suzana). 

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top